Sidak di Pusat Pasar, Ditemukan Beras Bulog Mulai Berbau

 

Peninjauan beras di gudang Bulog Jalan Mustafa Medan.Netty

Medan | Jurnal Asia
Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan, Veri Anggrijono bersama Gubernur Sumatera Utara (Gubernur Sumut) Edy Rahmayadi meninjau harga komoditas pangan di Pusat Pasar Medan, Rabu (4/2/2019). Dalam tinjauan tersebut pihaknya menemukan beras Bulog mulai berbau.

Pengakuan seorang pedagang beras, Acik Acuan (55), beras Bulog dibelinya baru sekitar seminggu lalu. Menurutnya beras yang mulai berbau ini baru kali ini dia dapatkan maka beras ini rencananya akan dikembalikan.

“Rencananya mau ditukar karena beras yang dari Bulog sudah mulai berbau. Memang saya belinya tidak banyak untuk ukuran 30 kg ada 2 karung dan yang 5 kg, 10 karung,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan, Veri Anggrijono mengatakan, pihaknya akan memastikan dahulu seperti apa kondisi di lapangan terkait hasil temuan ini. Pihaknya akan akan berkoordinasikan dengan Bulog pusat maupun daerah.

“Saat kita tanyakan pada pihak Bulog beras yang mulai berbau ini baru setahun maka akan kita uji di laboratorium dulu apakah itu bisa dikonsumsi atau bagaimana akan kita pelajari,” terangnya.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi menambahkan, temuan tersebut jangan menjadikan polemik. Sebab rakyat nanti tidak mau beli beras maka pihaknya akan mencari yang terbaik.

“Bulog ini milik kita. Jadi harus sama-sama kita awasi ini. Nah, kondisi ini yang hari ini kita jumpai maka akan kita pelajari, kita akan bawa sampel beras ke Jakarta. Jadi, saat ini masih kita evalusi dulu bagaimana nanti dan bersama pak Dirjen karena ini hubungan dengan pusat ini dimana kondisi yang kita lihat saat ini adalah rill (nyata),” jelasnya.

Sementara, Pimpinan Wilayah Bulog Sumut, Arwakhudin Widiarso mengungkapkan, beras yang tadi masih cukup bagus karena pada saat dibeli kondisinya bagus. Umur simpannya dari 2018.

“Yang mulai berbau sebagian ya tidak semua itu masuk akhir 2018. Kita menunggu intruksi dari Bulog pusat karena kondisi masih bagus dan tadikan sudah dilihat,” tandasnya.

Selain meninjau harga beras juga meninjau harga kebutuhan pokok lainnya seperti, harga ayam potong, telur, harga komoditas seperti cabai merah, bawang putih dan daging segar. Setelah meninjau Pusat Pasar, rombongan juga bergerak ke Gudang Bulog di Jalan Mustafa Medan.(nty)