Gawat! Jenazah PDP yang Dibawa Kabur dari RSUD Pirngadi Medan Ternyata Hasil Swab Positif

Ilustrasi petugas pemakaman membawa jenazah pasien Covid-19.Bisnis

 

Medan | Jurnal Asia
Jenazah dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dibawa kabur dari RSUD dr Pirngadi Medan ternyata setelah diperiksa lewat Swab dinyatakan positif Covid-19.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Medan, Mardohar kepada wartawan, Selasa (7/7/2020).

Oleh karenanya, Ia menyayangkan sikap keluarga almarhum tidak mau menerapkan protokol kesehatan dalam proses pengurusan jenazah hingga pemakaman.

β€œ(Pasien) di Pringadi sudah keluar swabnya, (hasilnya) positif, cuma karena keluarganya tidak mau dikuburkan secara COVID, dibawa jenazah oleh keluarganya secara paksa,” ungkap Mardohar.

Baca Juga : Jenazah PDP Dibawa Kabur Keluarga Naik Mobil Pribadi dari Rumah Sakit di Medan

β€ŽIa menjelaskan seluruh pasien Covid-19 meninggal dunia akan dilakukan proses pengurusan jenazah sesuai dengan penanganan Covid-19, termasuk melakukan fardu kifayah sesuai dengan syariat islam, termasuk menyolatkan jenazah.

Diberitakan sebelumnya tolak pemulasaran jenazah sesuai protokol Covid-19, seorang jenazah dengan status PDP dibawa kabur oleh keluarga dari RSUD dr Pirngadi Medan, Sabtu (4/7/2020) kemarin.

Informasi dihimpun wartawan, jenazah tersebut awalnya sudah naikan ke dalam mobil ambulans untuk dilakukan pemulasaran sesuai protokol Covid-19.

Namun, pihak keluarga meminta agar jenazah disalatkan dahulu, maka jenazah diturunkan. Ketika diturunkan dari ambulance, jenazah yang sudah berada di dalam peti tersebut, ternyata malah dinaikkan oleh keluarga ke dalam mobil mereka.

Selanjutnya bersama dengan jenazah tersebut, mobil itu pergi, yang berdasarkan informasi didapat menuju ke arah Belawan.(wo)

Close Ads X
Close Ads X