Lagi, PSMTI dan Organisasi Tionghoa Lanjut Bagikan 1.000 Nasi Bungkus untuk Masyarakat Medan

Pembagian nasi bungkus di sekitaran lampu merah Jalan Letda Sujono Medan, Rabu (13/5/2020).Netty

 

Medan | Jurnal Asia
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Sumut kembali membagikan 1.000 nasi bungkus dan masker ke masyarakat di area lampu merah jalan Letda Sujono Medan. Tak butuh waktu lama, 1.000 nasi bungkus ini ludes dengan cepat.

Kegiatan pembagian nasi bungkus dan masker yang kedua kali ini mengandeng sejumlah organisasi Tionghoa lainnya. Diantaranya, PSMTI Medan, Senam Peremajaan Diri (Haqi), Yayasan Kasih Sayang Abadi, Ikatan Citra Alumni Taiwan (ICATI) Sumut, DPW Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI) Sumut dan Peranan Wanita Tionghoa Indonesia (Perwanti) dan Keluarga Besar Naga Kalimata.

Ketua Harian PSMTI Sumut, Joko Dharmanadi mewakili Ketua PSMTI Sumut, Tongariodjo Angkasa Ginting SE,MBA,MM,MSc mengapresiasi seluruh organisasi yang tetap eksis membatu membagikan nasi bungkus untuk masyarakat Medan. Tentunya, di tengah pandemi corona ini banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan.

“Di suasana pandemi corona saat ini, banyak perekonomian masyarakat yang tidak stabil sehingga kami kumpulan dana dari orang-orang yang perekonomian sedikit berlebih. Hari ini merupakan yang kedua kalinya, ada 1.000 nasi bungkus yang dibagikan kepada para ojek online, pengendara dan masyarakat yang kurang mampu untuk berbuka puasa,” katanya, Rabu (13/5/2020) sore.

Seluruh pengurus organisasi foto bersama disela pembagian nasi bungkus.Netty

Menurutnya, pihaknya tidak bisa berbuat terlalu banyak tetapi diharapkan dapat membantu masyarakat. Dan diharapkan lebih banyak lagi organisa yang ikut bergabung untuk melaksanakan baksos seperti ini.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap mengikuti anjuran pemerintah, tetap berada di rumah, mengenakan masker, cuci tangan, sosial distancing dan jangan keluar jika tidak perlu. Dengan begitu, penyebaran virus corona bisa dicegah.

Ketua PSMTI Kota Medan, Johan Tjongiran SH menambahkan, 1.000 nasi bungkus tersebut dibagikan di dua titik yakni di lampu merah ke arah Letda Sujono dan lampu merah Jalan Pancing Medan.

“Saat pembagian, kami mengenakan masker dan sarung tangan. Begitu lampu merah, kita bagikan nasi bungkus kepada masyarakat dan saat hijau tidak lagi agar tidak terjadi kemacetan atau penumpukan orang,” tegasnya.


Ia menambahkan, dalam kegiatan tersebut juga dibantu sejumlah pengurus antara lain, pengurus PSMTI Kecematan Medan Maimun, PSMTI Medan Polonia, PSMTI Medan Deli, PSMTI Medan Tembung, PSMTI Medan Amplas, PSMTI Medan Petisah, PSMTI Medan Polonia, PSMTI Medan Kota.

Ketua DPW IPTI Sumut, Henky Cong mengungkapkan, kegiatan ini juga berimbas baik kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal. Pasalnya, di tengah pandemi corona seperti ini tentunya penjualan atau pesanan nasi bungkus mereka turun signifikan.

“Dengan memesan nasi seperti ini, tentunya bisa membantu pemasukan bagi pelaku UMKM lokal. Dan kegiatan ini akan kembali dilakukan 20 Mei 2020 mendatang,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Sekretaris PSMTI Sumut, Kundjung SH, Sekretaris PSMTI Kota Medan, Samudera Ngatimin, Wakil Ketua Bidang IT PSMTI Sumut, Edy Susanto dan sejumlah pengurus PSMTI kecamatan lainnya.(Nty)

 

Close Ads X
Close Ads X