Mesir Kembali Terima Bantuan Medis Antivirus Corona dari Pemerintah China

Seorang pekerja mengangkat bantuan medis dari Cina di Kairo, Mesir, Minggu (10/5/2020).Xinhua

 

Kairo | Jurnal Asia
Mesir menerima bantuan medis tahap kedua dari pemerintah China untuk negara Afrika Utara guna memerangi epidemi Covid-19.

Duta Besar China untuk Mesir, Liao Liqiang mengatakan, bantuan tahap kedua terdiri dari 440 kotak dengan berat 4,7 ton, termasuk 10.000 masker wajah N95, 10.000 jas pelindung dan 70.000 reagen deteksi asam nukleat.

“Ini adalah momen penting bagi Mesir untuk memerangi epidemi, mempertahankan produksi dan mempromosikan pembangunan ekonomi pada saat yang bersamaan,” kata duta besar China itu dalam konferensi pers mengutip Xinhua News, Senin (11/5/2020).

Baca Juga : Pemko Medan-Binjai dan Pemkab Deliserdang Koordinasi Tangani Penyebaran Covid-19

Menurutnya, China selalu mendukung pembangunan ekonomi dan sosial Mesir. Tiongkok dan Mesir akan bekerja sama untuk akhirnya mengatasi epidemi.

Tahap pertama bantuan medis Tiongkok ke Mesir dikirim pada pertengahan April, yang terdiri dari 20.000 masker wajah N95, 10.000 jas pelindung dan 10.000 kit uji untuk COVID-19.

Tahap ketiga yang akan dikirimkan akhir bulan ini, meliputi 150.000 masker N95, 1 juta masker bedah, 70.000 jas pelindung medis, 70.000 pasang sarung tangan bedah sekali pakai dan 1.000 termometer, dengan berat sekitar 30 ton.

Untuk diketahui, beberapa pemerintah provinsi dan kota, organisasi dan perusahaan China juga telah mengirimkan pasokan medis ke Mesir, seperti masker wajah, pakaian pelindung, reagen pengujian, dan sistem skrining CT kecerdasan buatan untuk pemindaian paru-paru.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada pemerintah China atas dukungan yang telah dan masih menyediakan bagi Mesir untuk menghadapi penyebaran virus corona baru,” kata Asisten menteri kesehatan Mesir untuk urusan keuangan dan administrasi, Wael al-Sa’ei.

Baca Juga : Imigrasi Polonia Tutup Layanan Penerbitan Paspor, Izin Tinggal WNA Diperpanjang Otomatis

Ia menambahkan, dukungan seperti ini tentunya memperkuat kerja sama timbal balik antara kedua negara dan meningkatkan hubungan dekat antara kedua bangsa Mesir dan China.

Al-Sa’ei juga berterima kasih kepada Grup Alibaba China karena telah menyumbang ke Mesir 5,5 ton pasokan medis dan perangkat dalam 512 kotak.

“Kami berharap kondisi sulit ini akan berakhir dan hubungan Mesir-Cina akan terus makmur di semua bidang kerja sama,” kata pejabat Mesir.(nty)

 

0 responses to “Kian Memanas, China Usir Kapal Perang AS dari Laut China Selatan

Leave a Reply