Hasil Riset, Golongan Darah A Disebut Rentan Terinfeksi Covid-19 Serius

Ilustrasi Golongan darah. iStockphoto

 

Jakarta | Jurnal Asia
Golongan darah dan faktor genetik lainnya dapat dikaitkan dengan tingkat keparahan infeksi corona (Covid-19). Hal ini disebutkan peneliti Eropa, dalam sebuah jurnal The New England Medicine, Rabu (17/6/2020),

Di mana, golongan darah A memiliki risiko lebih tinggi terinfeksi corona. Bahkan, berkembang hingga menunjukkan gejala yang buruk.

Risiko Covid-19 yang parah adalah 45% pada orang yang bergolongan darah A. Sementara tampaknya akan lebih rendah 35% untuk orang dengan tipe darah O.

Hal ini terungkap dalam laporan Reuters, Jumat (19/6/2020). Saat puncak epidemi di Eropa terjadi, peneliti menganalisa 4.000 gen untuk mencari variasi yang umum pada mereka yang terinfeksi dan bagaimana Covid-19 makin serius.

Baca Juga : Khawatir Gelombang Kedua Serangan Corona, Sejumlah Penerbangan di Beijing Dibatakan

Salah satu peneliti bernama Dr Tom Karlsen dari Rumah Sakit Universitas Oslo di Norwegia mengatakan temuan ini memberi petunjuk spesifik tentang proses penyakit yang mungkin terjadi. “Namun penelitian tambahan perlu dilakukan,” tulis Reuters mengutipnya.

Sementara itu pakar genetika AS dari National Institutes of Health menilai penelitian ini harus membuat orang bisa memahami lebih lanjut soal biologi Covid-19.

“Tes genetik dan golongan darah seseorang mungkin jadi alat yang berguna untuk mengidentifikasi mereka yang mungkin berisiko lebih besar terkena penyakit serius,” katanya dalam sebuah blog.(nty/CNBCIndonesia)

 

 

Tinggalkan Balasan

Close Ads X
Close Ads X