USAID Prioritas Tingkatkan Kualitas Guru

utama==TUGAS KELOMPOK
Medan – USAID Prioritas Sumatera Utara terus melakukan peningkatan kualitas guru melalui Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) dengan mengadakan pelatihan-pelatihan untuk guru dan calon guru.

“Dengan pelatihan ini di­harap­kan terbangunnya sinergisitas antara dosen, guru dan mahasiswa praktik lapangan (PPL) dalam mengimplementasikan active learning di sekolah,” ujar Provincial Coordinator USAID Prioritas Su­matera Utara (Sumut) Agus Marwan, Selasa (30/8).

Disebutkan Agus pada peserta pelatihan yang digelar 29-31 Agustus di Grand Kanaya Hotel bersama dengan LPTK mitra, USAID Prioritas, melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat memperkuat kapasitas implementasi PPL, sehingga dapat memberikan pengalaman yang praktis kepada mahasiswa sebagai calon guru yang sedang melakukan praktik lapangan (PPL).

Pelatihan tersebut melibatkan guru-guru sekolah mitra LPTK dan dosen-dosen pembimbing lapangan dari Unimed dan UINSU, Guru Pamong dari sekolah mitra, serta mahasiswa PPL.Pada pelatihan tersebut juga melibatkan calon guru yang sedang melakukan PPL dengan tujuan memberikan pembekalan agar lebih maksimal mendampingi calon-calon guru berkualitas dalam Provincial Teacher Practicum LAB & Schools Training di tingkat SD/MIS bagi sekolah mitra LPTK USAID Prioritas Sumut.

Pelatihan yang dibuka Wakil Rektor I Unimed Prof Dr Abdul Hamid MPd mengatakan, jika ingin mengetahui bagaimana masa depan Indonesia, bisa melihatnya di ruang kelas saat ini, sehingga peningkatan mutu guru sangat penting dilakukan.

Ia juga menambahkan, pem­bekalan calon-calon guru perlu terus dilakukan agar guru-guru berkualitas bisa menghasilkan generasi bangsa yang cerdas pula. Dr. Elly Djulia, MPd, Teacher Training Institute (TTI) Specialist Development USAID Prioritas Sumut mengatakan dalam pelatihan ini nantinya para peserta yang berjumlah 60 orang, terdiri dari dosen, guru dan mahasiswa sama-sama merancang rencana pembelajaran yang akan di­praktikkan di sekolah. (rel)

Close Ads X
Close Ads X