Negeri K Pop Masuk Resesi, Rupiah dan IHSG Justru Menguat

Ilustrasi IHSG dan Rupiah dibuka menguat pada hari ini.Ist

 

Medan | Jurnal Asia
Korea Selatan (Korsel) resmi masuk jurang resesi setelah rilis pertumbuhan ekonomi kuartal kedua negara itu minus 3,3% dan dikuartal pertama ekonomi korsel juga minus 1,3%. Meski demikian, IHSG sejauh ini tidak terpengaruh dengan resesi yang ada di Korea tersebut.

IHSG dibuka menguat di level 5.117,03 sementara Rupiah juga menguat ke level 14.570 per US Dolar.

Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin mengatakan, Rupiah dan IHSG tidak terpengaruh dengan kabar buruk dari negeri K Pop tersebut. Dan sejauh ini bursa di Asia juga tidak begitu terpengaruh dengan krisis yang terjadi di Korea Selatan.

“Deretan negara yang masuk dalam resesi masih akan berlanjut kedepan nantinya,” Kamis (23/7/2020).

Baca Juga : Tak Miliki Izin, OJK Bakal Panggil PT Jouska

Pelaku pasar justru mengkhawatirkan penutupan konsulat China di AS. Hal ini sangat mempengaruhi kinerja pasar keuangan kedepan. Dan diyakini akan menjadi salah satu sumber masalah besar bagi pasar keuangan kedepan nantinya.

“Penutupan konsulat ini dinilai sebagai salah satu eskalasi hubungan yang paling buruk antara AS dan China, setelah adanya perang dagang yang terjadi sejak 2018 silam,” tuturnya.

Gunawan memperkirakan, pelaku pasar akan tetap waspada dengan situasi ini. Dan sentimen yang berkembang sepertinya akan mengarahkan pada kemungkinan tekanan pasar keuangan yang bisa saja terjadi pada pasar keuangan kita sewaktu-waktu.(nty)

 

 

2 responses to “Gawat, Ada Ancaman Depresi! Rupiah Turun, IHSG Masih Menguat

Comments are closed.
Close Ads X
Close Ads X