Jelang Lebaran, Harga Bahan Pokok Berfluktuasi

Seorang pedagang komoditas sayuran sedang menawarkan dagangannya.Netty

 

Medan | Jurnal Asia 
Harga sejumlah kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Medan dan sekitarnya mengalami kenaikkan harga jelang Lebaran. Seperti cabai merah dan rawit yang berfluktuasi sangat tajam.

Saat ini, harga cabai merah dan cabai rawit kembali terpukul dikisaran Rp18-Rp20 ribuan per Kg setelah 2 sampai 3 hari sebelumnya sempat menyentuh Rp30 ribu per Kg.

Bawang merah masih dikisaran Rp50 hingga 55 ribu per Kg. Daging ayam dikisaran Rp33 ribuan per Kg dan daging sapi bergerak sedikit dikisaran Rp120 ribu hingga Rp130 ribu per Kg.

Baca Juga : Halau Pemudik Jelang Lebaran, Jalur Lintas Asahan-Tanjungbalai Disekat Polisi, Tiap Kendaraan Disemprot

Menjelang lebaran ini harga sayur sayuran yang mengalami kenaikan tajam. Katakanlah harga kacang panjang, naik dari 6.000 per Kg menjadi 20 ribu per Kg saat ini atau lebih dari 300% kenaikannya.

Ketua Tim Pemantau Harga di Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan, khusus penurunan harga cabai memang tengah dipelajari. Namun indikasi awal kemungkinan penurunan harga ini diakibatkan oleh sikap pedagang yang melepas pasokannya dkarenakan menjelang libur Lebaran nantinya.

Artinya, kata dia, memang pedagang tidak mau menahan stok yang ada untuk dijual kembali. Dikarenakan banyak pedagang yang lebih memilih untuk liburan setidaknya dimulai H-1 lebaran.

“Biasanya cabai hijau, cabai rawit dan cabai merah ini memiliki tren peningkatan permintaan saat perayaan keagamaan. Diantara ketiga jenis cabai ini, cabai hijau harganya jarang sekali mampu mengimbangi atau bahkan lebih mahal dibandingkan cabai rawit maupun cabai merah,” katanya, Jumat (22/5/2020).

Berdasarkan data histrois pantauan di lapangan, lanjutnya, biasanya harga kebutuhan pokok masyarakat berpeluang naik signfikan pada saat hari H lebaran. Akan tetapi mungkin tahun ini kondisinya berbeda dikarenakan tidak ada libur panjang selama Lebaran.

“Jadi kondisi pasar tradisional dengan sendirinya akan mengalami pemulihan dengan segera,” ujarnya.

Baca Juga : Dipasok dari Medan, Min Siong Bandar Sabu Bersenpi Diamankan Polisi di Rantau Utara

Ia yakin, tahun ini kenaikan harga kebutuhan pokok saat Lebaran tidak akan sebesar tahun-tahun sebelumnya. Dari sejumlah pantauan, harga bawang merah, daging ayam maupun daging sapi bertahan mahal meskipun tidak mengalami kenaikan yang berarti dan selebihnya harga kebutuhan pokok terpantau stabil.

Salah seorang penjual di Pasar Barang Kuis, Ranji mengaku, memang ada beberapa harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan. Namun, jika dibandingkan tahun lalu, kenaikan tahun ini tidak terlalu drastis.

“Yang mahal itu bawang merah, dari awal Ramadhan sampai sekarang ngak turun-turun harganya. Kalau cabai merah ataupun rawit harganya terjangkau,” pungkasnya.(nty)

 

Comments are closed.