IHSG Rawan Koreksi, Dibuka Menguat di Level 4.935,56

Ilustrasi kinerja IHSG dibuka menguat pada pembukaan perdagangan hari ini.Ist

 

Medan | Jurnal Asia
Pembukaan perdagangan pagi ini, IHSG mengalami tenikal rebound yang memicu terjadinya penguatan pada IHSG. IHSG dibuka menguat di level 4.935,56 dan sejauh ini mencoba mendekati level psikologis 5.000.

Hasil dari pertemuan OPEC dengan negara penghasil minyak juga menjadi katalis positif bagi pasar. Di mana negara OPEC tersebut bersedia untuk memangkas out put sebesar 9.7 juta per hari.

Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin mengatakan, kesepakatan tersebut menjadi kabar baik yang turut mendongkrak kenaikan harga minyak mentah di atas $40 per. Dan tentunya akan menjadi sentimen positif bagi kinerja harga saham di sektor energi.

Baca Juga : Impor Komoditi dari China Dihentikan, Sumut Diprediksi Kembali Inflasi

“Meski demikian pelaku pasar tetap akan mewaspadai tren perkembangan bursa global yang cenderung turun,” katanya, Jumat (19/6/2020).

Sentimen fundamentalnya adalah datang dari AS, dimana klaim pengangguran mingguan di AS merealisasikan angka sebesar 1.51 juta jiwa, atau lebih buruk dari perkiraan sebelumnya yang hanya 1.3 juta. Dan data tersebut sejauh ini masih menjadi katalais negatif bagi pasar keuangan secara keseluruhan.

“Sehingga secara teknikal, IHSG besar kemungkinan akan kesulitan untuk mengalami kenaikan lanjutan, terlebih menembus level psikologis 5.000 pada perdagangan hari ini,” terangnya.

Sementara itu, mata uang rupiah diperdagangkan sedikit mengalami pelemahan di kisaran level 14.090 per US Dolar. Tekanan terhadap Rupiah terjadi setelah Bank Indonesia kemarin memangkas besaran suku bunga acuan sebesar 25 basis poin.(nty)

 

 

Close Ads X
Close Ads X