Hari Ini, IHSG dan Rupiah Berpeluang di Zona Hijau

Ilustrasi IHSG dan Rupiah berpeluang di zona hijau.Ist

 

Medan | Jurnal Asia
Peningkatan jumlah kasus corona di dunia masih menghiasi perdagangan saham maupun pasar keuangan secara keseluruhan. Dari sekian banyak kabar yang beredar belakangan, peningkatan jumlah kasus corona ini terkadang tidak memberikan efek yang besar.

“Pelaku pasar justru terfokus kepada perkembangan data data ekonomi yang dinilai lebih mereprensetasikan kondisi fundamental,” kata Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin, Selasa (30/6/2020).

Pada perdagangan hari ini, lanjutnya, pelaku pasar akan banyak mendapatkan sentiment positif, diantaranya adalah kabar membaiknya indeks manufaktur China yang mampu bertahan di atas angka 50 (berekspansi). Sementara itu, kinerja bursa di AS yang membaik juga menjadi kabar baik bagi pasar keuangan.

Diyakini dari sekian banyak sentimen tersebut, ia menilai bahwa perilaku investor belakangan ini lebih bersifat trading jangka pendek ketimbang investasi jangka panjang. Pelaku pasar diyakini masih akan melakukan aksi profit taking seandainya IHSG nantinya naik mendekati level psikologis 5.000.

Baca Juga : Rupiah dan IHSG Diselimuti Sentiment Negatif di Awal Pekan Ini

“Minimnya sentimen pada hari ini sebaiknya dimanfaatkan untuk tidak mengakumulasi saham secara berlebihan. Tetapi lakukan upaya untuk keluar terlebih dahulu,” ujarnya.

Karena kondisi perekonmian global sejauh ini masih di hantui oleh buruknya penyebaran corona, bahkan banyak yang mengkhawatirkan gelombang kedua corona ini akan lebih dahsyat dibandingkan dengan gelombang sebelumnya.

IHSG pada perdagangan pagi ini dibuka menguat di level 4.914,94. Dan berpeluang untuk berada dikisaran resisten 4.970. Sementara itu, mata uang rupiah diperdagangkan menguat di level 14.165 per US Dolar.(nty)

 

 

Comments are closed.
Close Ads X
Close Ads X