Cara Tanaman Cocor Bebek Berkembang Biak

Tanaman cocor bebek atau dikenal juga dengan nama kalanchoe pinnata syn atau bryophyllum atau bryophy­llum pinnatum merupakan tanaman asli dari pulau Madagaskar. Bagi masyarakat Indonesia, cocor bebek banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias rumah. Tanaman ini banyak tumbuh liar di kebun-kebun, parit-parit, hingga tanah berbatu.

Selain itu, tanaman ini juga dikenal karena metode berkembangbiaknya yang melalui adventif (tunai daun) atau berkembangbiak secara vegetatif. Karena banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias, penyebaran cocor bebek mengalami penyebaran yang sangat luas hingga hampir ke seluruh belahan bumi terutama pada belahan bumi beriklim tropis hingga sub tropis.

Seperti di sebagian besar Asia, Australia, Selandia Baru, Indonesia, Hawaii, Galapagos, hingga Polinesia. Di beberapa wilayah seperti di Hawaii, tanaman cocor bebek dianggap sebagai spesies yang invasif.

Klasifikasi Tanaman Cocor Bebek
Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Saxifragales
Famili : Crassulaceae
Genus : Kalanchoe
Spesies : K. Pinnata

Morfologi Tanaman Cocor Bebek
– Memiliki batang yang luas dan beruas
– Memiliki daun yang tebal, berdaging, dan mengandung banyak daun.
– Memiliki warna hijau muda pada daunnya, namun terkadang ada juga yang berwarna abu-abu.
– Berbunga majemuk, buahnya berbentuk kotak.
– Rasanya asam dan ketika dimakan akan terasa dingin.

Cara Tanaman Cocor Bebek Berkembangbiak
Seperti yang sudah dijelaskan dalam pengertian tanaman cocor bebek diatas, jika tanaman cocor bebek berkembangbiak dengan cara vegetatif.
Sehingga, dapat kita simpulkan jika tanaman cocor bebek berkembangbiak tanpa perlu adanya melakukan proses perkawinan.
Perkembangbiakan vegetatif dapat terjadi dengan dua cara, yaitu secara vegetatif alami dan vegetatif buatan. Namun, pada tanaman cocor bebek umumnya berkembangbiak melalui cara vegetatif alami.

Budidaya Tanaman Cocor Bebek
Tanaman cocor bebek merupakan tanaman yang mudah untuk ditanam, sebab tanaman ini tidak memerlukan air dalam jumlah banyak.
Untuk melakukan budidaya tanaman cocor bebek, kita hanya perlu melepaskan sehelai daunnya saja dan letakkan pada media tanam yang sudah disediakan sebelumnya.
Tunggu hingga beberapa hari, hingga akar dan tunas mucnul pada pangkal daun. Akar dan tunas inilah yang nanti akan menjadi tanaman cocor bebek.
Media tanam yang cocok untuk menanam tanaman cocor bebek adalah campuran tanah gembur, pupuk, sekam bakar, dan pasir yang diaduk menjadi satu.
Pot yang baik untuk digunakan sebagai tempat penanaman adalah pot yang terbuat dari tanah, tetapi pot plastik juga dapat kita manfaatkan asalkan memiliki lubang drainase yang cukup. (int/berbagai sumber)

Comments are closed.
Close Ads X
Close Ads X