Vihara Maitri Medan Gelar Perayaan Waisak dan Bazar Amal

 

Bhiksuni Man Sheng pimpin perayaan Waisak 2563 BE, Minggu (16/6).Netty

Medan | Jurnal Asia
Yayasan Vihara Maitri Medan Tri Amal Group menggelar perayaan Trisuci Waisak 2563 BE dan kegiatan Bazar Amal di pelataran parkir Yang Lim Plaza, Minggu (16/6). Kegiatan diawali dengan ritual kebaktian yang dipimpin oleh Yang Arya Ven Man Sheng, Ven Chueh Lien serta Sangha dari Taiwan Yang Arya Ven Yen Min dan Ven Xin Sou.

Kepala Vihara Maitri Medan, Bhiksuni Man Sheng mengatakan, Sang Buddha Gautama terlahir di dunia ini untuk menyebarkan ajaran Yang Maha Agung dengan tuntas agar semua bisa hidup dalam kedamaian dan keharmonisan. Sehingga semua bisa bebas dari semua penderitaan, hidup berkah, mencapai kesempurnaan.

“Karena itu, sudah seharusnya umat Buddha di seluruh pelosok dunia memperingati Waisak sebagai upacara pemandian Buddha Rupang,” katanya.

Ketua Yayasa Vihara Maitri Tri Amal Group, Suhelen mengungkapkan, dengan rasa bersyukur semua umat Buddha merayakan kelahiran Buddha Sakyamuni di dunia ini untuk membabarkan dharma. Dengan perayaan Waisak ini diharapkan dapat melestarikan Buddha Dharma.

“Dengan semangat belajar bersama dalam melaksanakan kegiatan ini, mari kita saling menghormati dan berkomunikasi dengan baik dengan semangat mengabdi dan saling menjalin hubungan karma baik,” ujarnya.

Ditambahkan Ketua Panitia, Nurni Angsana, Waisak 2563 BE bertema “A Wonderful Year of A Great Good” diramaikan dengan bazar yang diikuti lebih kurang 100 stand yang terdiri dari stand makanan umum dan vegetarian, minuman, sembako dan lainnya. Selain bazar amal juga ada kegiatan donor darah.

Melalui Waisak tahun ini, katanya, pihaknya berharap kedamaian menyertai semua, keluarga, masyarakat, bangsa dan negeri kita tercinta, Indonesia. Waisak mesti jadi momentum menguatkan cinta kasih, welas asih agar semua makhluk bisa berbahagia.

Bhiksuni Man Sheng foto bersama Plt Pembimas Buddha Kanwil Kementerian Agama Sumut, Pandita Burhan, SAg Msi dan lainya.Netty

Wakil Ketua Walubi Sumut dan Ketua Majabumi Tanah Suci Sumut, Pandita Solihin Chandra mengapresiasi kegiatan keagamaan yang digelar Vihara Maitri. Umat Buddha di Medan antusias mengikuti kegiatan tersebut, terlihat ribuan orang yang hadir mengikuti kegiatan ini.

“Setiap tahun, Vihara Maitri selalu rutin menggelar kegiatan keagamaan dan ini merupakan suatu kemajuan. Walubi dan Majabumi Tanah Suci selalu mendukung acara keagamaan seperti ini sehingga perkembangan agama Buddha di Sumut khususnya Medan terus tercipta,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Plt Pembimas Buddha Kanwil Kementerian Agama Sumut, Pandita Burhan, SAg Msi, Penasehat Tri Amal Group, Erwin Syahputra, Dicky Lie. Kemudian, Wakil Ketua, Lily Luhur, muda-mudi Tri Amal Group dan serta muda-mudi dari Maha Mayuri Youth Medan.(nty)