Sofyan Tan Resmikan Gedung Laboratorium IPA di RK Deli Murni

Peresmian Laboratorium : Anggota Komisi X DPR RI, dr Sofyan Tan meresmikan gedung laboratorium IPA SMP dan SMA RK Deli Murni Bandar Baru, Sabtu (12/1). Ist

Bandar Baru | Jurnal Asia
Anggota Komisi X DPR RI, dr Sofyan Tan meresmikan gedung laboratorium IPA untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) RK Deli Murni Bandar Baru, Sabtu (12/1). Di peresmian tersebut, keluarga besar Deli Murni juga memberikan marga Ginting Suka kepada Sofyan Tan.

Sofyan Tan mengatakan, ini ketiga kalinya ia datang ke RK Deli Murni Bandar Baru. Dan kedatangannya ketiga kali ini tetap memberikan bantuan pendidikan.

Ia merinci, kedatangan yang pertama ke sekolah itu adalah tahun 2017. Saat itu ia melihat sekolah itu cukup bagus dari sisi bangunan. Hanya saja pihaknya melihat banyak siswa yang tidak memiliki orangtua. Mereka tinggal di sini. Lantas Sofyan Tan memperjuangkan bantuan agar mereka memperoleh Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi siswa yang tidak mampu.

Selanjutnya pada 2018, ia kembali datang untuk memberikan bantuan komputer. Bantuan ini diberikan karena sekolah tersebut kesulitan mengikuti UNBK karena keterbatasan komputer.

“Dan sekarang saya hadir kembali untuk Deli Murni. Kedatangan saya untuk mewujudkan mimpi sekolah ini membangun laboratorium IPA,” katanya.

Politisi asal PDI Perjuangan ini juga menyebutkan, secara keseluruhan bantuan pendidikan untuk Deli Murni yang sudah diperjuangkannya sekitar Rp800 juta. Untuk pembangunan laboratorium ini saja sudah Rp345 juta. Dan itu tidak ada potongan “belah jengkol”.

“Saya melihat dengan uang segitu, bangunan juga sangat bagus dibuat Deli Murni. Itu artinya tidak ada korupsi di sekolah ini,” ujarnya.

Menurutnya, karena korupsilah negara ini tidak akan maju. Jokowi sendiri sebagai Presiden RI terus fokus untuk memberikan bantuan pendidikan. Selain KIP, ada juga beasiswa untuk anak-anak yang kurang mampu dikuliahkan.

Belum lagi program keluarga harapan dan lainnya. Untuk itu, pendiri Yayasan Iskandar Muda ini berharap agar nantinya siswa-siswa dari Deli Murni ini ke depan menjadi siswa-siswa penerus bangsa.

Kepsek SMP RK Deli Murni Bandar Baru, Artha menyampaikan, sosok Sofyan Tan sebagai politisi telah banyak memberikan bantuan pendidikan ke Deli Murni.

“Terima kasih kepada bapak telah memperjuangkan sekolah ini. Berkat kebaikan bapak, kita telah mempunyai laboratorium IPA di lantai 3,” ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Ordo Konventual, Pastor Maximillanus Sembiring, OFM, Conv, Pengurus Yayasan Betlehem/Pelaksana Harian, Pastor Robert Sihotang, OFM, Conv, Pimpinan Panti Betlehem, Pastor Tawar, OFM, Conv.

Kemudian, Pimpinan Seminari Menengah, Pastor Arif, OFM, Conv, Pastor Paroki Stasi Bandar Baru, Pastor David Barus, OFM, Conv,
Artha Hadiah Sihombing, SPd, Kepsek SMP RK Deli Murni dan Herianto Sinaga, S.Pd, Kepsek SMA RK Deli Murni Bandar Baru serta lainnya. (net)