Satgas Yonif 121/MK Gelar Perpisahan dengan Warga

Keerom | Jurnal Asia

Bertempat di halaman Kantor Kampung Wonorejo, Distrik Mannem Kabupaten Keerom Papua ramai warga menghadiri acara perpisahan antara warga dan Satgas Yonif 121/MK, p pertengahan bulan lalu.
Acara tersebut dihadiri oleh Komandan Satgas (Dansatgas) Yonif 121/MK Letkol Inf Imir Faishal beserta beberapa orang personel Satgas Yonif 121/MK yang bertugas di Pos Komando Taktis (Pos Kotis) yang berada di Kampung Wonorejo, selain itu juga acara tersebut dihadiri oleh Kepala Kampung Wonorejo Matheus Wey, para tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama.

Acara perpisahan yang diinisiasi oleh warga tersebut diisi dengan kegiatan hiburan musik bernyanyi dan berjoget bersama warga serta pemberian doorprize kepada  anak-anak yang dapat menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh personel Satgas Yonif 121/MK secara spontan.

Acara tersebut diawali sambutan tokoh masyarakat dan sambutan dari Kepala Kampung Wonorejo Matheus Wey yang menyatakan, warga merasa sangat puas dengan keberadaan Satgas Yonif 121/MK di kampung mereka.

Matheus yang juga merupakan purnawirawan TNI juga mengungkapkan bahwa selama kurang lebih 9 bulan Satgas Yonif 121/MK sebagai pasukan pengamanan perbatasan negara antara Indonesia dan Papua Nugini (PNG) yang ketepatan salah satu posnya berada di Kampung Wonorejo sangat membantu warga, antara lain dalam menggerakkan warga untuk gotong royong, menjaga keamanan di kampung.

Selain itu, Satgas Yonif 121/MK juga dengan sukarela datang dari rumah ke rumah untuk memeriksa kesehatan serta mengobati warga yang sakit dengan membawa tim kesehatannya.

“Hubungan yang telah terjalin dengan baik selama ini antara warga Kampung Wonorejo dengan Satgas Yonif 121/MK membuat warga merasa kehilangan dengan kepergian Satgas Yonif 121/MK sebentar lagi,” sebut Matheu. Dansatgas Yonif 121/MK Letkol Inf Imir Faishal dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pihaknya sangat berterimakasih atas sambutan warga yang selama ini dapat menerima keberadaan Satgas Yonif 121/MK di Kampung Wonorejo selama bertugas serta mau bekerjasama sehingga terjalin hubungan yang baik.

Dansatgas juga menambahkan sangat senang apabila keberadaan Satgas Yonif 121/MK selama ini dapat membantu warga di dalam kegiatan sehari-hari maupun menolong di dalam kesusahan.

“Kita juga mohon doa restu kepada warga karena Satgas Yonif 121/MK yang sebentar lagi akan kembali ke Sumatera Utara karena masa tugas yang sudah selesai di Papua, dan sekaligus Dansatgas juga mohon maaf kepada warga apabila ada kesalahan atau tindakan yang kurang berkenan dari pihaknya kepada warga selama bertugas di Kampung Wonorejo,” sebut Dansatgas di akhir sambutannya.  Sementara itu beberapa warga dari Kampung Naramben Distrik Skanto Kabupaten Keerom Papua juga menyempatkan diri datang ke Pos Kotis Satgas Yonif 121/MK untuk mengucapkan terimaksih kepada pihak Satgas Yonif 121/MK yang selama ini mau memberikan pelatihan dan menyumbangkan seperangkat peralatan Marawis sehingga kini warga Kampung Naramben telah mempunyai Grup Marawis sendiri. (rel-van)