Pemerataan Akses Informasi, Ninmedia Luncurkan Aplikasi KUGO

Commercial Director Ninmedia, Jimmy Fenton

Jakarta | Jurnal Asia
Sambut transformasi dan penerapan teknologi digital di Indonesia, Ninmedia kampanyekan Indonesia KUGO digital. Kampanye tersebut ditandai dengan peluncuran aplikasi KUGO yang diperkenalkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di peluncuran GPR TV.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP),
Rosarita Niken Widiastuti, mengatakan, transformasi digital yang efektif membutuhkan strategi yang melibatkan pemerintah, swasta dan masyarakat. Bagi pemerintah sendiri, kebijakan terkait informasi digital merupakan aspek penting dalam memaksimalkan perkembangan industri secara sehat.

Ia berharap masyarakat waspada dan bijak dalam menyaring setiap informasi yang tersebar di media massa dan media sosial.

“Salah satu upaya pemerintah meredam berita bohong atau hoaks adalah dengan membuat konten atau program positif seperti GPR TV yang membahas kebijakan pemerintah dan edukasi masyarakat,” katanya disela pada peluncuran GPR TV.

Sebagai pelaku bisnis yang bergerak di bidang TV satelit, sambungnya, sudah seyogyanya Ninmedia memiliki aplikasi yang bisa diakses pada perangkat digital. Diantaranya seperti handphone dan laptop untuk memudahkan dan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengakses informasi setiap saat dan di mana pun.

Commercial Director Ninmedia, Jimmy Fenton menjelaskan, aplikasi KUGO merupakan bentuk inovasi yang berfungsi sebagai jembatan dengan konsumen. Sehingga pihaknya bisa melayani kebutuhan konsumen dengan lebih efektif dan efisien.

“Salah satu contohnya ada pada fitur untuk mencari teknisi Ninmedia bagi yang ingin melakukan instalasi Set Top Box (STB) rekomendasi seperti Venus Yaris, Gardiner, Tanaka Orionsky, Intra dan lain sebagainya, melakukan servis parabola serta pelayanan lainnya yang terkait dengan TV satelit Ninmedia,” ucapnya.

Business Development Manager Ninmedia, Rifki Sujudi menambahkan, selain memberikan manfaat bagi para pengguna perangkat digital, aplikasi KUGO memberikan lebih banyak keuntungan dan kemudahan bagi para teknisi Ninmedia dalam merekomendasikan penggunaan STB di daerah mereka. Sementara bagi para pelanggannya sendiri, respon yang diterima sangat baik.

“Banyak pelanggan yang melihat Ninmedia sebagai titik cerah karena sebelum adanya Ninmedia, mereka harus mengakali banyak hal untuk bisa menangkap sinyal UHF dan bisa nonton channel TV nasional,” tuturnya.

President Director Ninmedia, Rahadi Arsyad mengungkapkan, fokus dari kampanye Indonesia KUGO digital tidak hanya untuk mendukung masyarakat Indonesia dalam era digital ini tetapi juga mendukung upaya pemerintah dalam rangka pemerataan akses informasi.

Tahun 2025 diprediksi para pengguna perangkat digital akan menguasai pasar sehingga Ninmedia sebagai satu-satunya layanan siaran TV satelit FTA (free to air) dengan frekuensi KU Band di Indonesia, berupaya sejak dini menyediakan kelengkapan layanan pada perangkat digital lainnya melalui aplikasi KUGO.

“Dengan aplikasi KUGO, konsumen bisa akses gratis siaran premium dan nonton streaming secara gratis di mana keduanya merupakan fasilitas yang paling banyak dicari dan digunakan oleh generasi milenial saat ini,” pungkasnya. (net)