Nikmati Seru dan Asyiknya Sensasi Mandi Air Panas di Goa Ergendang

Suasana di lokasi wisata Cave and Hot Springs Goa Ergendang. Ist

Deli Serdang | Jurnal Asia
Lokasi wisata yang satu ini patut anda coba untuk mengisi liburan anda bersama teman dan keluarga tercinta.

Destinasi wisata yang bernama Cave And Hot Springs Goa Ergendang menyajikan pemandian air panas alami yang ampuh menghilangkan penat dengan pemandangan alam yang indah.

Uniknya, kolam buatan pemandian air panas tersebut berada di dalam goa yang menambah kesan eksotis lokasi wisata tersebut.

Letaknya pun tak begitu jauh, lokasi wisata ini berada di Penungkiren, Sinembah Tanjung Muda Hilir, Kabupaten Deli Serdang, berjarak sekitar 40 Km dari pusat kota Medan dengan memakan waktu perjalanan sekitar 1 jam 45 menit.

“Kondisi jalan kemari juga sangat baik, bisa dilalui kendaraan roda empat juga. Kalau dari Medan masuknya dari Jalan Brigjen Katamso, masuk ke Deli Tua Jalan Brigjen Zein Hamid dari situ lurus aja, setelah satu jam lebih, nanti ada plang penunjuk lokasi wisata Goa Ergendang,” kata Azis (34) salah seorang warga Medan yang berangkat bersama keluarganya.

Setibanya disana, Ia mengatakan lokasi wisata ini sungguh mempesona dengan udara segar khas pegunungan langsung menyapa setiap pengunjung.

“Biaya masuk Rp10 Ribu per orang parkir kendaraan Rp2 Ribu,” katanya.

Yang lebih mempesona, lanjutnya mengatakan juga kondisi kolam yang unik yang berada di dalam goa. “Kolamnya ada banyak disini, airnya tak terlalu panas, dan bau belerangnya juga tidak begitu menyengat. Cocok sekali bawa anak-anak  kemari, senang main air,” ungkap Azis.

Hal senada juga dikatakan, Difa (28) salah seorang pengunjung yang berada disana. Ia mengaku terpukau dengan keindahan alam di lokasi wisata tersebut.

“Keren, ternyata ada goanya beneran, air pancuran panasnya juga menghilangkan pegal pegal selama di perjalanan. Mantap kali,” kata Difa.

Pantauan wartawan, juga terlihat aneka buah-buahan segar dijajakan warga setempat seperti pisang, alpukat, jeruk dan sirsak yang langsung diambil dari kebun di seputaran lokasi.

Selain itu juga ada penjualan air nira asli, yang memberikan kesegaran dan menghapus dahaga yang muncul selama dalam perjalanan.

Goa Ergendang ini dibuka pada 2016. Dan aktif dikelola pada 2017 hingga saat ini. “Kami buka pada 2016. Namun belum seperti sekarang. Perbaikan terus dilakukan untuk memanjakan wisatawan,” ucap pria yang bekerja sebagai retribusi.(wo)