Masak 6 Menu, 2 Chef Asal Taiwan Demo Masak di Medan

 

Chef dari Taiwan foto bersama dengan pengurus ICATI Sumut.Netty

Medan | Jurnal Asia
Dua chef asal Taiwan melakukan demo masak di Kota Medan. Executive Chef Food & Beverage Dept of Fulion Hotel, Vick Chung dan Executive Chef Food & Beverage Dept of Tian Ciliang Yuan Hotel, Wick Wang tersebut memasak enam menu andalan khas Taiwan.

Ketua Ikatan Citra Alumni Taiwan Indonesia (ICATI) Sumatera Utara (Sumut), Canakya Suman mengatakan, kegiatan demo masak ini difasilitasi oleh Overseas Community Affairs Council Republic of China (Taiwan) dan ICATI Sumut. Dan setiap tahun, pemerintah Taiwan mengutus dua chef ke sejumlah negara untuk memperkenalkan kuliner khas mereka.

“Ini merupakan program pemerintah Taiwan. Di Indonesia ada beberapa wilayah yang dikunjungi dan tahun ini Medan merupakan kota pertama yang dikunjungi kemudian akan dilanjut Jakarta, Surabaya dan Bali,” katanya di acara Internasional Tour of Taiwan Gourment Cuisine dengan tema “Taiwan Taste” di Gedung Yayasan Sad Putra Persada Medan, Rabu (4/9).

Dua chef ini, kata dia, melakukan demo masak dengan memasak enam menu khas Taiwan yakni Buddha Jump Over The Wall, Taiwan Sam Bei Chicken, Cryspy Cha Siew Taiwan Style, Golden Sand Squid, Arahat’s Wisdom Bag dan Taro Sago with Coconut Milk. Semua menu ini menjadi menu utama yang disajikan di acara-acara penting di Taiwan.

Canakya Suman melanjutkan, kegiatan ini, bertujuan agar masyarakat Sumut dapat mengenal masakan Taiwan. Selain itu, koki asal Taiwan ini juga bisa bertukaran budaya khususnya kuliner di Medan.

“Tentunya, kuliner Taiwan ini menambah
jumlah kuliner di Medan. Apalagi, kuliner ini menjadi salah satu peluang bisnis ke depannya,” pungkasnya.

Secretary Taipe Economic and Trade Office in Indonesia, Hsu, Chun-Yung mengatakan, kuliner Taiwan saat ini terkenal dan sangat diminta oleh masyarakat dunia. Dengan sosialisasi demo masakan ini, pemeritah Taiwan bisa memperkenalkan Taiwan kepada Indonesia sehingga tetap menjaga hubungan baik antara kedua negara ini.

Demo masak kuliner Taiwan.Netty

“Kegiatan seperti ini sudah berjalan sekitar 8 tahun. Selain di Indonesia juga dilakukan di Amerika Latin, Malaysia dan negara Asia lainnya,” ucapnya didampingi Dewan Kehormatan ICATI Sumut, Joko Dharmanadi.

Ia melanjutkan, keenam menu yang di demokan ini merupakan makanan yang sering dihidangkan di Taiwan seperti di hotel-hotel bintang berkelas. Dan juga untuk menu keluarga ketika sedang ada acara keluarga.

Menurutnya, kuliner Taiwan lebih ditekankan adalah makanan untuk kesehatan. Misalnya kalau di Indonesia ada rasa pedas, asin atau lainnya, kuliner Taiwan rasanya lebih original (alami) tidak menggunakan banyak rempah-rempah.

“Kuliner Taiwan juga penuh inovasi. Kami juga memadukannya dari berbagai negara seperti Jepang, Hongkong, Tiongkok dan lainnya sehingga memperkaya cita rasa,” pungkasnya.(nty)