Majukan Pariwisata Medan, Dinas Pariwisata dan TikTok Luncurkan Kampanye #ColorfulMedan

 

Dinas Pariwisata dan TikTok Luncurkan Kampanye #ColorfulMedan.Netty

Medan | Jurnal Asia
Dinas Pariwisata Kota Medan menggandeng TikTok luncurkan kampanye #ColorfulMedan. Kampanye ini bertujuan untuk mempromosikan tempat wisata, budaya dan kuliner di Kota Medan dan sekitarnya kepada pengguna TikTok lainnya termasuk ke seluruh dunia, melalui konten video yang kreatif dan positif.

Kepala Dinas Kota Medan, Agus Suryono mengatakan, sektor pariwisata mendapat perhatian yang lebih dari pemerintah. Dengan target 25 juta wisatawan asing dan 500 juta wisatawan domestik pada tahun 2024 nanti.

Seperti yang diungkapkan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, generasi muda memegang peranan penting dalam mempromosikan pariwisata. Dengan adanya kemajuan teknologi dan penggunaan sosial media yang memudahkan dan mempercepat penyebaran informasi mengenai tempat wisata potensial di berbagai daerah, termasuk Kota Medan.

Hal inilah, katanya, yang berusaha diwujudkan oleh Dinas Pariwisata Kota Medan bersama dengan TikTok. Yaitu dengan menggunakan saluran media sosial untuk turut mempromosikan Kota Medan mulai dari tempat wisata, acara budaya, hingga kuliner.

“Pariwisata Indonesia harus mampu berevolusi dengan turut hadir ke dunia digital sebagai respon terhadap kemajuan teknologi untuk memperkaya traveller experience dan mendukung produktivitas industri pariwisata itu sendiri,” katanya, Jumat (30/8).

Apalagi, sambungnya, sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia, Medan memiliki banyak potensi wisata yang perlu dieksplor lebih dalam lagi. Kita juga membutuhkan dukungan dari semua masyarakat Medan, khususnya anak muda untuk memperkenalkan pariwisata, budaya, serta kuliner Medan ke tingkat global.

“Kami menyambut baik kerjasama dan mengucapkan terima kasih kepada TikTok yang telah membantu mempromosikan Medan,” ucapnya.

Donny Eryastha selaku Public Policy for Indonesia, Malaysia and the Philippines mengatakan, melalui kampanye #ColorfulMedan, TikTok akan berinteraksi langsung dengan generasi muda di Kota Medan dengan mengadakan lokakarya. Selain sharing mengenai cara membuat konten menarik, para top kreator terpilih diajak oleh TikTok Indonesia untuk melakukan city tour di Medan.

“Dengan fitur yang mudah untuk abadikan tempat menarik hingga kenikmatan wisata kuliner, TikTok dapat menjadi wadah untuk membantu mempromosikan Indonesia di panggung dunia,” ujarnya.

Ia menambahkan, dari 31 Agustus sampai 21 September 2019, pengguna TikTok dapat ikut challenge #ColorfulMedan dengan membuat video TikTok yang menunjukkan hal-hal menarik di Medan dengan lagu khusus yaitu ‘This is Medan”. Ada total hadiah sebesar Rp20 juta yang diumumkan di Festival Kuliner Medan dan kanal TikTok Indonesia tanggal 22 September 2019.(nty)