Ini Dia Rekomendasi Tempat Wisata Gratis di Surabaya

 

http://surabayarek.com/

Medan | Jurnal Asia
Siapa bilang kalau di Surabaya cuma ada mal dan tempat makan? Nyatanya Kota Pahlawan juga memiliki sejumlah tempat wisata menarik yang asyik untuk dikunjungi. Apalagi beberapa di antaranya bisa didatangi secara cuma-cuma alias gratis.

Meski tak dipungut biaya apa pun, kamu tak akan dibuat kecewa dengan keindahan bentuk bangunannya. Nah, kalau Tiket Pesawat ke Surabaya sudah di tangan dan rencana perjalanan telah dibuat, cobalah untuk menyelipkan daftar tempat wisata gratis ini ke dalam itinerary-mu.
1. Kawasan Jembatan Merah
Kalau di Jakarta ada kawasan Kota Tua, Surabaya punya kawasan Jembatan Merah. Tak berbeda jauh dengan kawasan Kota Tua, kawasan Jembatan Merah juga dihiasi dengan deretan bangunan tua bergaya kolonial Belanda, seperti gedung Bank BNI, Mandiri, dan Maybank Jembatan Merah. Meski terkesan jadul, jejeran bangunan tua ini justru tampak Instagramable. Cocok dijadikan sebagai latar berswafoto.

Di kawasan ini, kamu juga bisa mengunjungi Museum Escompto Bank dan beberapa gedung tua yang dijadikan cagar budaya, seperti Gedung Cerutu dan Gedung Singa. Dua tempat tersebut akan membawamu ke masa-masa kehidupan Kota Surabaya tempo dulu.
2. Air mancur menari Jembatan Suroboyo Wisata malam Surabaya juga tak kalah menarik. Jika mencari hiburan murah di malam hari, cobalah datang ke Pantai Ria Kenjeran Lama pada hari Sabtu pukul 8 hingga 9 malam. Di tempat ini, kamu bisa menikmati atraksi air mancur yang cantik. Latar Jembatan Suroboyo yang berada di belakangnya semakin membuat pemandangannya terlihat begitu indah.

Pertunjukkan air mancur berwarna-warni ini hanya bisa disaksikan pada hari Sabtu setiap minggunya. Jadi, jangan sampai ketinggalan, ya. Di siang harinya, kamu juga bisa menikmati indahnya Pantai Kenjeran dari atas Jembatan Suroboyo.
3. Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjava)
Monjava atau Monumen Jalasveva Jayamahe adalah monumen yang berada di pangkalan TNI AL Surabaya. Nama monumen ini diambil dari semboyan TNI AL yakni Jalasveva Jayamahe, yang artinya di laut kita berjaya. Monjava sendiri dibuka setiap hari Senin sampai Jumat, mulai pukul 7 pagi hingga jam 3 sore.
Di tempat ini, kamu bisa melihat koleksi miniatur kapal armada TNI AL dan diorama yang menceritakan tentang sejarah perjuangan para pahlawan bahari. Jika ingin berkunjung ke sini, diwajibkan untuk mengenakan pakaian yang rapi mengingat lokasinya yang berada di dalam area pangkalan militer.
4. Museum Surabaya Jika gemar berwisata sejarah, jangan lewatkan Museum Surabaya. Lokasinya sendiri berada di Lantai Dasar Gedung SIOLA yang merupakan gedung cagar budaya. Sebelum menjadi museum, dulunya tempat ini adalah sebuah toko serba ada Inggris dengan nama Het Engelsche Warenhuis. Namun, setelah 139 tahun berdiri, tempat ini akhirnya berubah fungsi menjadi Museum Surabaya dan diresmikan pada tanggal 15 Juli 2015.

Koleksi Museum Surabaya meliputi lebih dari 1.000 benda bersejarah bagi kota Surabaya, seperti replika biola milik pencipta lagu Indonesia Raya, Wage Rudolf Supratman, wayang kulit, ketel uap abad ke-18, mesin tik dan mesin hitung kuno, dan lain sebagainya.
5. Mini Agrowisata Pagesangan Surabaya
Mini Agrowisata Pagesangan Surabaya seakan menjadi oase di tengah hiruk pikuk Kota Surabaya. Lokasinya yang berada di pusat kota membuat tempat ini mudah dijangkau.

Di sini, kamu bisa melihat aneka tanaman buah, sayur-sayuran, dan juga bisa mempelajari berbagai teknik budidaya tanaman. Selain itu, kamu juga bisa belajar soal perikanan dan peternakan. Jika ingin membawa serta anak-anak, tempat ini difasilitasi dengan permainan outbound sehingga cocok dijadikan tempat bermain dan belajar untuk si kecil.

Kelima tempat-tempat menarik ini merupakan rekomendasi yang asik untuk didatangi. Yuk, segera atur rencana liburan kamu ke Surabaya dan kunjungi semuanya.(nty)