IFFPIE Kelima Angkat Tema Lingkungan Hidup

Jakarta – Festival Film Perdamaian dan Kemanusiaan (IFFPIE) ke-5 meng­­­ambil tema Lingkungan Hidup Untuk Perdamaian dan Kemanusiaan dilaksanakan di Auditorium Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Senin (19/9).

“Tema ini diambil karena kerusakan lingkungan hidup dapat memecah belah bangsa, sekaligus mengingatkan generasi muda pentingnya pelestarian lingkungan hidup,” kata pendiri sekaligus direktur IFFPIE Damien Dematra di Jakarta, Senin.

Tahun ini ada 825 film yang diterima dari seluruh dunia un­­tuk diperlombakan. IFFPIE merupakan festival berskala internasional yang filmnya ber­te­­ma perdamaian, inspirasi, kese­­taraan dan kemanusiaan.

Festival ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Ling­­kungan Hidup dan Kehutanan. Menurut Damien, Menteri KLHK Siti Nurbaya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. “Ibu menteri mengatakan In­do­nesia harus mengambil po­sisi terdepan dalam kampanye lingkungan hidup dan tidak boleh main-main dalam menangani ma­salah yang sangat serius,” kata dia.

Acara ini bekerjasama de­ngan festival berskala inter­­­nasional lainnya, yaitu Inter­­national Film Competition (IFCOM), Docu­­mentery and Short Inter­national Movie Award (DO­SHIMA) dan International Tourism Award.

Acara tersebut dihadiri Men­­­­­teri Komunikasi dan Infor­­masi Rudiantara, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, duta besar negara sahabat serta 30 raja nusantara. Pada acara tersebut dilun­curkan Gerakan Sosial World Environtment Movement (WEM) yang bertujuan membangun kepedulian masyarakat dunia akan pentingnya lingkungan hidup bagi kemanusiaan dan perdamaian. (ant)