H Adam Malik Diabadikan Jadi Nama Gedung Poltekpar Medan

Gunting Pita : Direktur Poltekpar Medan, Anwari Masatip (kanan-kiri) bersama Dr. Reny Halida Ilham Malik SH., MH melalukan pengguntingan pita saat persemian gedung perkuliahan Adam Malik Poltekpar Medan, Senin (8/4).Netty

Medan | Jurnal Asia
Nama tokoh besar Indonesia, H Adam Malik diabadikan menjadi nama gedung perkuliahan di Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan. Gedung ini diresmikan Dr. Reny Halida Ilham Malik SH., MH. (Hakim AdHoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Tigkat Banding pada Pengadilan Tinggi DKI Jakarta) yang merupakan menantu dari putra ke-4 Adam Malik.

Direktur Poltekpar Medan, Anwari Masatip mengatakan, dipilihnya nama Adam Malik bukan tanpa alasan. Bapak Adam Malik, katanya, merupakan putra daerah yang sangat menginspirasi, sejak usia muda beliau sudah berani mengambil tantangan untuk merantau ke Jakarta mengadu nasib dan akhirnya membuahkan hasil dan bahkan memberikan kontribusi banyak terhadap negeri.

“Selain putra daerah yang lahir di Pematangsiantar, Bapak Adam Malik pahlawan nasional yang banyak berjasa,” katanya disela peresmian gedung perkuliahan Adam Malik Poltekpar Medan, Senin (8/4).

Ia berharap, mahasiswa dapat terinspirasi dengan usaha beliau dan dengan pemberian nama ini kita semua dapat selalu mengenang jasa-jasa beliau terhadap negeri.

Sementara Dr. Reny Halida Ilham Malik SH., MH mengungkapkan, dengan diresmikan gedung ini diharapkan menjadi fundamental bagi mahasiswa sehingga menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten di bidang pariwisata.

“Saya bersyukur karena nama Bapak Adam Malik diabadikan menjadi salah satu nama gedung di sini. Ide tersebut sangat bagus karena mengabadikan nama orang-orang yang sangat berprestasi di Indonesia,” ucapnya.

Menurutnya, di Sumatera utara banyak potensi yang bisa dikembangkan di bidang pariwisata. Untuk itu, diharapkan Poktekpar Medan menciptakan duta-duta pariwisata.

“Dengan adanya gedung kuliah yang baik, maka akan menghasilkan SDM yang baik. Dengan begitu membuka peluang kerja bagi tamatan di sini,” ujarnya.

Dihari yang sama, Poltekpar Medan secara resmi membuka Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) bersama Dr. Reni. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa.

Setiap tahun kegiatan ini digelar dengan berbagai acara, ada perlombaan olah raga, asah otak, fotografi dan fashion. Mahasiswa akan memperebutkan piala bergilir. PKM akan berlangsung selama satu minggu sejak 8 sampai 13 April 2019. (nty)