Gerakan Donor Darah Bersama Kumpulkan 627 Kantong Darah

Kegiatan Donor Darah Bersama.Ist

Medan | Jurnal Asia
Gerakan Donor Darah Bersama yang digelar Perkumpulan Sosial Persaudaraan Yap Budi Luhur (PSPYBL), Persaudaraan Marga Zhang dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Medan berhasil mengumpulkan 627 kantong darah. Kegiatan donor darah yang kedua dilaksanakan di Cambridge City Square Medan, Minggu (1/12/2019).

Salah satu panitia kegiatan, Elly mengatakan, antusias masyarakat dalam mengikuti kegiatan donor darah cukup tinggi. Terbukti, sejak dibuka mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 18:00 WIB, masyarakat memadati tempat donor darah tersebut.

“Dari kegiatan Gerakan Donor Darah Bersama II ini terkumpul sebanyak 627 kantong kantong darah. Dan yang mendaftar ada sekitar 774 orang,” katanya.

Nantinya, sambungnya, kantong darah tersebut diserahkan ke Rumah Sakit Umum Adam Malik Medan. Dan diharapkan, darah tersebut dapat membantu lebih banyak lagi orang yang membutuhkan.

“Kegiatan donor darah ini akan terus rutin dilakukan tiga bulan sekali. Dengan begitu diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian terhadap sesama, terutama dalam bidang kesehatan. Serta menyosialisasikan mengenai pentingnya donor darah dan manfaat yang didapatkan bagi sang pendonor,” tegasnya.

Mewakili panitia, ia mengucapkan terima kasih kepada selurah elemen masyarakat yang telah mendukung kegiatan kemanusiaan ini sehingga berjalan lancar dan sukses. Kedepan, kegiatan ini akan rutin dilakukan.

Kegiatan Donor Darah Bersama.Ist

Sementara itu, seorang pendonor, Rudy mengatakan, donor darah secara rutin tiga bulan sekali sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga bisa menolong orang lain.

“Selain sehat, donor darah berarti telah menyelamatkan orang lain dan meringankan beban mereka. Jadi jangan takut untuk berdonor darah,” ucapnya.(nty)