Era Digitalisasi, Karyawan Dimotivasi Manfaatkan Teknologi Dalam Tingkatkan Kompetensi

Diskusi : Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources, Katarina Siburian Hardono (tengah) saat berdiskusi dengan forum group discussion pada perayaan hari Kartini, kemarin.Ist

Batangtoru | Jurnal Asia
Karyawan Tambang Emas Martabe dimotivasi memanfaatkan teknologi secara maksimal untuk meningkatkan kapasitas dalam karier dan kehidupan personal melalui berbagai rangkaian kegiatan perayaan Hari Kartini 2019. Adapun, tema yang diusung adalah “In A World of Technology, People Make the Difference”.

Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources, Katarina Siburian Hardono menyebutkan, pada era digital saat ini, penguasaan teknologi maju merupakan faktor utama pendorong kompetensi dan motivasi. Tak terkecuali bagi para karyawan perempuan khususnya dalam pengembangan karier.

Penguasaan teknologi maju, sambungnya, memungkinkan untuk menemukan, mengevaluasi, memproduksi hingga berkomunikasi bermodalkan arus informasi melalui berbagai saluran dengan mudah dan cepat. Selain itu, jugamemudahkan pekerjaan hingga meningkatkan efisiensi dan motivasi sehingga kinerja perusahaan secara keseluruhan ikut terdorong.

“Teknologi maju harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemajuan karier bahkan untuk peningkatan kualitas kehidupan personal. Pada tahun ini rangkaian kegiatan perayaan Hari Kartini berupaya memfasilitasi itu semua untuk para karyawan perempuan tak terkecuali laki-laki Tambang Emas Martabe,” katanya, kemarin.

Ia melanjutkan, salah satu kegiatan utama adalah forum group discussion (FGD) dan talkshow dengan tema Kartini Now : Melek Teknologi. Karyawan didorong untuk lebih mengenal diri mereka sendiri, potensi dan bakat serta cara berkomunikasi terbaik dalam penyelesaian masalah terutama dalam karier melalui analisis metode MBTI (Myers-Birggs Type Indicator).

“Bagi karyawan perempuan, sesi diskusi ini kami harapkan mampu mendukung mereka untuk lebih “menyuarakan” ide-ide terbaik untuk pengembangan perusahaan ke depan. Tentunya dengan memanfaatkan teknologi,” ujarnya.

Apalagi, katanya, dunia pertambangan hampir seluruh aspek operasionalnya memanfaatkan teknologi. Bahkan bagi pekerjaan seperti pengemudi alat berat dan manhaul.

“Di industri pertambangan emas, teknologi adalah aspek utama untuk memastikan keberhasilan operasional. Tambang Emas Martabe memfasilitasi dan mendukung pemanfaatan serta penggunaan teknologi bagi seluruh karyawan untuk meningkatkan efisiensi dan mendorong kinerja perusahaan secara keseluruhan,” pungkas Katarina.(nty)