Dilepas Wali Kota Medan, 5.000 Peserta Ikuti Jalan Sehat Haqi

 


Tongariodjo Angkasa Ginting serahkan piagam penghargaan.Netty

Medan | Jurnal Asia
Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S.MSi bersama Ketua Umum Senam Peremajaan Diri Indonesia (Haqi), Tongariodjo Angkasa Ginting SE, MBA, MM, MSc melepas peserta jalan sehat di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (13/10). Kegiatan yang dihelat oleh Yayasan Senam Peremajaan Diri (Haqi) ini diikuti sekitar 5.000 peserta.

Wali Kota pun mengapresiasi kegiatan jalan sehat yang digelar HaQi. Dinilai Wali Kota, langkah ini sejalan dengan upaya Pemko Medan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat lewat berolahraga. Hal ini juga dibuktikan dengan digelarnya CFD setiap Minggu pagi di Lapangan Merdeka untuk dimanfaatkan dengan seluas-luasnya bagi warga Kota Medan agar gemar berolahraga.

“Senang sekali di pagi yang cerah ini kita dapat berkumpul dan bersilaturahmi bersama dalam kegaiatan jalan sehat bersama HaQi. Tentu hal ini sangat kita sambut baik apalagi tujuannya untuk mengajak masyarakat agar gemar berolahraga dengan harapan dapat menjalankan pola hidup sehat dan dijauhkan dari berbagai penyakit,” katanya.

Selain itu, Wali Kota mengungkapkan kegiatan ini menjadi sarana perekat bagi warga Kota Medan. Sebab, seluruh komponen dari berbagai usia, agama dan etnis berkumpul bersama menjadi satu kesatuan. Hal tersebut tentunya menunjukkan wajah Kota Medan sebagai kota multikultural yang humanis dan nyaman dan dapat hidup berdampingan meski di tengah perbedaan.

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin melepas peserta jalan sehat.Netty

Ketua Haqi Indonesia, Tongariodjo Angkasa Ginting SE, MBA, MM, MSc mengatakan, jalan sehat ini dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Haqi dan juga Hari Sumpah Pemuda. Dengan tema “Menjadi Bangsa Yang Sehat, Cerdas dan Berkarakter”, pihaknya mengajak masyarakat untuk tetap hidup sehat melalui jalan sehat.

“Hari ini kita melakukan jalan sehat yang diikuti sekitar 26 lapangan dari Medan dan ada juga dari luar kota seperti Rantau Prapat, Kisaran dan juga Siantar. Sedikitnya ada 5.000 peserta yang ikut berpartisipasi,” katanya.

Ia melanjutkan, melalui kegiatan ini, pihaknya juga ingin mengenalkan Haqi dan mengajak masyarakat luas untuk bergabung melakukan senam Haqi. Sebab, semakin banyak yang bergabung maka semakin banyak masyarakat yang sehat.

Menurutnya, semua senam itu baik untuk kesehatan namun Haqi dapat melenturkan otot-otot badan, memperlancar peredaran darah, mengatur temperatur tubuh dan yang terpenting mencegah kanker berkembang biak dan banyak lainnya.

Latihan haqi dapat menjaga keseimbangan temperatur tubuh kita seperti temperatur tubuh anak bayi. Jika temperatur tubuh rendah maka penyakit akan menyerang dan salah satu yang terparah adalah kanker.

“Orang yang terkena kanker, jika rutin latihan maka sel kanker tidak akan berkembang atau bahkan mengecil,” tukasnya.

Ia menambahkan, sebaiknya senam haqi dilakukan di pagi hari, sebab oksigen di pagi hari tidak terkena polusi. Dalam sehari, otak manusia membutuhkan sekitar 20-150 ribu liter oksigen tetapi karena adanya polusi maka masyarakat banyak yang tidak mendapatkan oksigen dengan baik sehingga tubuh cepat lelah dan temperatur badan tidak seimbang.

Ia berharap, Haqi dapat diterima masyarakat luas dan terus berkembang, bukan hanya di Sumatera Utara saja, tetapi juga di luar provinsi.

Sementara itu, Penasehat dan Ketua Unit Bisnis Haqi, Solihin Chandra menambahkan, tujuan utama dari jalan sehat ini adalah untuk kesehatan. Semakin banyak masyarakat yang sehat maka bangsa Indonesia semakin kuat.

“Acara jalan sehat ini berjalan dengan lancar dan semoga dapat menjadi agenda rutin Haqi kedepannya. Kita berharap semakin banyak masyarakat yang mengenal Haqi,” tukasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Haqi, Diana, Bendahara Haqi, Nari dan anggota Haqi, Ang Tien Tjo dan lainnya.(nty)