Bun Han Terpilih Menjadi Ketua Matakin Medan Periode 2020-2023

Sejumlah pengurus Matakin Medan foto bersama disela Musda Matakin Medan 2019.Netty

Medan | Jurnal Asia
Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) Kota Medan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) di Medan, Minggu (22/12/2019). Pada keputusan akhir Musda Matakin Medan tersebut menyebutkan Dq Bun Han terpilih menjadi calon Ketua Matakin Kota Medan periode 2020-2023.

Ketua Panitia Musda Matakin Kota Medan 2019, Dr Bhaktiar Kamil didampingi Sekreraris Panitia Js Tevi Stevanus Tandijono mengatakan, Musda dihadiri sekitar 30 orang dari Majelis Agama Khonghucu Indonesia (Makin) di Medan dan umat Khonghucu Medan. Pengurus Demisioner Makin, Delmawan diwakili Candra Wijaya dan Makin Medan Johor diwakili Dq Irwanto Wijaya dan istri.

Selain itu, Pemerhati dan Sesepuh Agama Khonghucu Medan, Saiman/ Chung Yong Min dan istri, Js Suardi SPd, Ketua dan Sekretaris Makin Medan Permai Js James SH dan Suharto Tan. Ketua dan Sekretaris Makin Medan Area Dq Yanto, Js Joni Long dan bendahara js Juniani Cuang.

Kemudian, Sekretaris Makin Deli serdang Js Juliani Zhu SE serta Mantan Sekretaris Makin Tj Balai Asahan, Dq Heriyanto Susanto SE sebagai pemandu acara.

“Dan secara aklamasi, dq Bun Han menjadi kandidat Ketua Matakin Kota Medan periode 2020-2023. Hasil Musda ini tentunya akan dikirim ke Matakin Pusat untuk dipertimbangkan dan diputuskan lalu ditetapkan dengan SK dari dewan rohaniawan/ Matakin Pusat,” katanya, Senin (23/12/2019).

Dengan terpilihnya Dq Bun Han sebagai calon Ketua Matakin Medan, lanjutnya, diharapkan dapat menjalankan program-program yang ada.

Sejumlah pengurus Matakin Medan foto bersama disela Musda Matakin Medan 2019.Netty

Selain itu, menjalin hubungan baik yang bersinergi, konduktif, transparan, harmonis, koordinatif dengan segenap Makin, Matakin dan umat Khonghucu di Medan khususnya serta lembaga lain dalam maupun luar Matakin Medan.

Dr. Bhaktiar menjelaskan, Matakin dibentuk agar umat manusia yang dapat menegak firman Thian. Serta selalu teguh menjunjung tinggi keadilan, mempunyai keberanian yang dilandasi kebenaran dan harmonis, mempunyai kepekaan dan kepedulian sosial yang tinggi, hidup penuh dengan kesusilaan, menjunjung tinggi moral dan etika, bijaksana dan selalu dapat dipercaya dalam kehidupan sehari-hari.

“Harapan kita, pengurus terpilih dapat membawa Matakin Medan menjadi suatu wadah pengembangan kaderisasi yang berintergitas dan menjunjung tinggi nilai solidaritas,” pungkasnya.(nty)