Berbagai Fakta Menarik di Balik Brand Terkenal Unilever

 

Sumber: Unilever.Co.Id

Siapa sih orang Indonesia yang tak kenal Unilever? Meski bukan asli Indonesia, Unilever merupakan salah satu perusahaan yang sangat populer di tanah air. Di mana perusahaan yang satu ini telah memproduksi berbagai macam produk yang Anda butuhkan sehari-hari. Mulai dari produk perawatan, pembersih, makanan, dan lain sebagainya bisa Anda temukan dalam produk Unilever. Perusahaan asal Belanda ini juga telah memiliki anak cabang di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Unilever Indonesia sendiri didirikan pada tanggal 5 Desember 1993 dengan nama awal yakni Levers Zeepfabrieken N.V. Hadirnya Unilever di Indonesia tentu bukan tanpa alasan. Pasalnya, Unilever ingin memberikan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia dengan melahirkan berbagai macam produk yang dapat menemani aktivitas sehari-hari.

Setiap produk dari Unilever tentu hadir dengan kualitas yang tidak perlu Anda ragukan lagi. Meski berkualitas, Unilever menghadirkan berbagai macam produk dengan harga yang tergolong murah. Harga murah yang ditawarkan Unilever menjadi salah satu strateginya untuk menghadapi persaingan pasar dengan produk yang sejenis. Untuk memberikan kedekatan antara Unilever dengan para konsumennya, Unilever juga berulang kali mengadakan kampanye maupun promosi produk dengan langsung bertemu dengan para konsumen. Kegiatan yang satu ini tentu membuat hubungan Unilever dengan konsumennya menjadi semakin dekat. Untuk lebih mengenal perusahaan yang satu ini, berikut ini beberapa fakta menarik mengenai Unilever yang sebaiknya Anda ketahui.

Perusahaan Paling Inovatif yang Ada di Asia

Kepopuleran yang dimiliki oleh Unilever membuat perusahaan yang satu ini pernah dinobatkan sebagai perusahaan terbaik dalam hal inovasi di Asia. Hal tersebut tepatnya terjadi pada tahun 2014. Hal serupa juga dialami oleh Unilever Indonesia. Di mana Unilever Indonesia pernah menduduki peringkat ke-11 sebagai perusahaan paling inovatif di dunia. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan. Pasalnya, Unilever telah memproduksi berbagai macam produk yang dibutuhkan oleh konsumennya, mulai dari produk makanan, personal care, refreshment, dan juga home care. Di mana setiap jenis produk yang terdapat di dalam kategori tersebut memiliki kualitas yang tidak perlu Anda pertanyakan lagi. Berbagai inovasi mengenai varian produk terbaru juga selalu dikembangkan oleh Unilever. Selain untuk memenuhi kebutuhan konsumen, hal tersebut juga untuk meningkatkan kualitas dari setiap produk Unilever sendiri. Sehingga tidak mengherankan apabila produk Unilever sering kali hadir dengan berbagai macam produk baru yang begitu inovatif.

Produsen Personal dan Home Care Terbesar di Dunia

Seperti yang telah disebutkan di atas, home care menjadi salah satu kategori produk yang diproduksi oleh Unilever. Bahkan, Unilever juga dijuluki sebagai produsen home care yang terbesar di dunia, lho. Bagaimana tidak, berbagai macam produk perawatan rumah bisa Anda temukan dalam perusahaan yang satu ini. Seperti sabun cucian baju, pembersih noda bandel, pembersih kamar mandi, sabun cucian piring dan perabotan rumah lainnya, dan juga produk pembunuh kuman dan penghilang bau. Berbagai macam produk home care tersebut memiliki kualitas yang bagus dan dapat membersihkan berbagai macam kotoran dengan lebih mudah dan maksimal. Kualitas yang dimiliki setiap produk home care Unilever membuat banyak konsumen lebih memilih Unilever dibandingkan dengan brand home care lainnya.
Kategori produk Unilever lainnya yang tidak kalah populer yakni personal care. Di mana pada kategori produk yang satu ini, Unilever mengajak para konsumen untuk bisa merawat diri mereka sendiri. Beberapa produk personal care yang telah diproduksi oleh Unilever antara lain:

Axe, produk satu ini merupakan parfum yang dikhususkan untuk para pria. Di mana parfum Axe hadir dengan berbagai macam pilihan aroma yang bisa Anda pilih sesuai dengan kesukaan. Aroma parfum Axe yang begitu wangi diklaim dapat membuat para wanita mudah jatuh hati. Sehingga tidak mengherankan apabila banyak pria Indonesia juga suka menggunakan parfum Unilever yang satu ini.

Lifebuoy, produk perawatan tubuh yang satu ini hadir untuk memberikan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Formula yang dihadirkan oleh produk Lifebuoy mampu membuat berbagai macam kuman yang menempel di tubuh Anda menjadi mudah hilang. Lifebuoy juga menjadi salah satu produk kesehatan yang disukai oleh kebanyakan keluarga di Indonesia. Aroma sabun Lifebuoy yang harum juga menjadi daya tarik tersendiri bagi produk yang satu ini.

Ponds, produk kecantikan ini hadir sebagai salah satu perawatan wajah yang bisa dipilih oleh masyarakat Indonesia. Di mana setiap produk kecantikan Ponds diklaim dapat mengatasi berbagai macam permasalahan wajah yang Anda miliki. Menariknya, produk yang satu ini tidak hanya dikhususkan bagi para wanita saja. Para pria yang ingin merawat wajahnya juga bisa menggunakan produk perawatan satu ini dalam kategori Ponds Men.
Banyaknya produk berkualitas yang ditawarkan oleh Unilever tentu menjadikan perusahaan ini sebagai produsen personal dan home care terbesar di dunia.

Logo Unilever Dipenuhi dengan Elemen dan Simbol Unik

Sebagai pengguna dari produk Unilever, tentu Anda sudah cukup familier dengan logo huruf U yang terdapat pada brand Unilever. Namun, tahukah Anda bahwa logo U tersebut merupakan susunan dari berbagai macam elemen dan simbol yang memiliki makna yang berbeda-beda. Jumlah dari elemen yang membentuk logo tersebut yakni sebanyak 25 simbol. Setiap makna dari simbol tersebut menunjukkan mengenai visi misi yang dimiliki Unilever dalam mengembangkan setiap produknya. Beberapa elemen yang akan Anda temukan dalam logo Unilever tersebut, seperti:

Cairan, elemen ini menunjukkan makna dari hubungan antara air bersih dan juga kemurnian. Setiap produk alat pembersih yang telah diproduksi oleh Unilever tentu mampu membersihkan berbagai macam kotoran hingga kembali bersih dan juga murni.

Bibir, menunjukkan simbol dari sebuah kecantikan dan penampilan menarik. Produk perawatan yang dimiliki Unilever dapat memancarkan aura kecantikan yang Anda miliki. Perihal produk makanan, juga dilengkapi dengan cita rasa yang begitu lezat dan dapat memanjakan bibir Anda.

Ikan, menunjukkan simbol dari sebuah makanan yang segar. Di mana setiap produk makanan yang diproduksi oleh Unilever menggunakan bahan makanan yang segar dan juga bergizi.

Tangan, menunjukkan simbol sensitivitas dan juga sentuhan. Di mana hal tersebut sesuai dengan visi dan misi Unilever yang ingin memberikan berbagai macam produk berkualitas untuk para konsumennya. Berbagai macam produk Unilever juga bermaksud untuk memberikan yang terbaik bagi para konsumen.

Daur ulang, menunjukkan bahwa Unilever menjadi salah satu perusahaan yang menjaga kelangsungan hidup lingkungan dengan baik. Di mana setiap produk yang diproduksi oleh Unilever tidak akan mengganggu kelangsungan hidup lingkungan. Perusahaan yang ramah terhadap lingkungan menjadi ciri khas dari perusahaan yang satu ini.

Selain kelima elemen yang telah disebutkan di atas, ke-20 elemen lainnya bisa Anda temukan pada logo Unilever dengan melihatnya lebih seksama. Gabungan antar elemen yang membentuk huruf U menjadi daya tarik tersendiri dari logo Unilever.

Perusahaan dengan Program CSR Terbaik

Tidak hanya hadir dengan berbagai macam produk berkualitas, Unilever juga seringkali melakukan program CSR (Corporate Social Responsibility). Di mana adanya program CSR ini menunjukkan tanggung jawab serta kepedulian Unilever terhadap peningkatan kualitas hidup yang dimiliki oleh masyarakat. Setiap program CSR yang diselenggarakan oleh Unilever juga menjadi salah satu program yang cukup populer dan membekas di benak para konsumen. Bahkan, dapat dikatakan bahwa Unilever secara rutin seringkali mengadakan program CSR yang satu ini. Berikut ini beberapa program CSR yang pernah dilakukan oleh Unilever.

Pertama, kampanye cuci tangan sabun bersama Lifebuoy. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Lifebuoy menjadi salah satu produk perawatan tubuh yang dimiliki oleh Unilever. Melalui kampanye CSR yang satu ini, Unilever mengajak semua orang untuk lebih peduli terhadap kebersihan tangannya. Pasalnya, kebersihan tangan menjadi salah satu faktor penentu kesehatan kita, bukan. Di mana ketika kebersihan tangan tidak dijaga dengan baik, hal tersebut akan berakibat fatal terhadap kesehatan yang Anda miliki. Sehingga setiap selesai beraktivitas di luar, Anda perlu rutin mencuci tangan. Hal tersebut juga berlaku bagi Anda yang hendak mencicipi makanan, mencuci tangan tentu perlu Anda lakukan terlebih dahulu. Kampanye cuci tangan bersama Lifebuoy ini diselenggarakan Unilever pada berbagai daerah pelosok di Indonesia dan juga beberapa Sekolah Dasar. Dengan adanya kampanye ini, diharapkan para masyarakat dapat lebih peduli terhadap kebersihan tangan yang mereka miliki.

Kedua, program pelestarian makanan tradisional bersama Bango. Selain kampanye cuci tangan, CSR Unilever yang juga cukup populer yakni program pelestarian makanan tradisional. Di mana melalui program yang satu ini mengajak para masyarakat Indonesia untuk bisa menikmati berbagai sajian kuliner tradisional dengan lebih mudah. Program yang satu ini bisa Anda temukan dalam sebuah Festival Kuliner bersama Bango. Festival yang satu ini telah diselenggarakan di beberapa kota besar yang ada di Indonesia. Berbagai macam penjual makanan tradisional dapat berpartisipasi dalam program ini untuk menyuguhkan cita rasa makanan tradisional yang khas. Dengan adanya kampanye yang satu ini, Unilever mengajak para masyarakat Indonesia untuk kembali mengingat cita rasa makanan tradisional diantara banyaknya makanan luar negeri yang semakin banyak dijumpai.

Selain kedua program CSR yang telah disebutkan di atas, Unilever akan terus aktif dalam menghadirkan berbagai macam program CSR yang unik dan bermanfaat bagi masyarakat.

Unilever Perusahaan Ramah Lingkungan Nomor 1

Tahukah Anda bahwa Unilever merupakan salah satu perusahaan ramah lingkungan nomor 1 di dunia. Di mana perusahaan yang satu ini selalu berusaha untuk mengurangi jumlah emisi yang dihasilkan. Hal tersebut tentu dilakukan untuk menjaga kestabilan dari ekosistem alam serta pencegahan terhadap perubahan iklim yang ekstrim. Langkah berani dari Unilever ini menjadikannya dinobatkan sebagai perusahaan ramah lingkungan nomor 1 di dunia. Bahkan, pada sebuah rapat Paris Agreement, Unilever juga mengajak para perusahaan lainnya untuk mengurangi terjadinya pemanasan global. Pasalnya, pemanasan global yang berlebihan tentu tidak baik bagi keberlangsungan hidup manusia. Dalam pertemuan tersebut, para perusahaan diajak untuk menahan pemanasan global hingga kisaran dari 2 derajat celcius. Untuk menunjang aksinya, Unilever juga telah mengakuisisi perusahaan ramah lingkungan lainnya, seperti Blueair dan juga Dollar Shave Club. Keikutsertaan Unilever dalam menjaga lingkungan tetap sehat menjadikan banyak orang semakin percaya terhadap setiap kualitas dari produk Unilever.