Kota Kwinana Pakai Jaring Inovatif

Saring Sampah Plastik di Sungai

Musim panas ini, otoritas dari Kota Kwinana, Australia Barat, memasang sistem penyaringan sampah baru nan inovatif di sungai lokal di wilayah hijau Henley Reserve. Sistem penyaringan itu tampak dipasok oleh perusahaan bernama Old Castle Infrastructure dan Storm Water Systems.

Seperti dikutip dari Brightside.me kemarin, desain sistemnya luar biasa sederhana dan bermanfaat, serta berbeda dengan teknik penyaringan sampah di sungai pada umumnya.

Sistem tersebut terdiri dari jaring yang ditempatkan di pipa drainase yang membantu menangkap puing-puing besar dan melindungi lingkungan dari kontaminasi limbah plastik.

Pipa-pipa itu mengalirkan air dari daerah pemukiman ke daerah-daerah alami dan sampah dari tempat-tempat tersebut dapat menjadi luar biasa dan berbahaya bagi lingkungan.
Selain itu, sampah tersebut biasanya hanyut oleh hujan lebat yang menarik semuanya ke sistem drainase.

Pemerintah kota mulai dengan memasang 2 jaring dan takjub dengan hasilnya – sistem penyaringan baru mereka berhasil menangkap lebih dari 800 pon (362,8 kg) sampah dalam beberapa pekan.

Otoritas Kwinana telah memutuskan untuk memasang “perangkap” sampah itu di seluruh kota dan meminimalkan pencemaran terhadap satwa liar dan lingkungan sekitarnya.

Meskipun instalasi dan pembuatan jaring ini menghabiskan uang sekitar US$ 10.000 (Rp 145,4 juta) per unit, sistem keseluruhan masih cukup menguntungkan karena mereka memberikan penghematan biaya yang signifikan ke depan.

Misalnya, mereka sekarang menghemat biaya tenaga kerja yang sebelumnya harus mereka bayar untuk orang-orang yang mengumpulkan semua sampah secara manual.

Ketika jaring penuh, mereka kemudian diangkat dan sampah dibuang ke truk pengumpul sampah khusus dan diangkut ke pusat pemilahan sampah. Di sana, semuanya dipisahkan menjadi bahan yang tidak dapat didaur ulang dan didaur ulang.

Jaring-jaring tersebut kemudian ditempatkan kembali di pipa drainase dan terus melakukan pekerjaan mereka. Sistem filtrasi baru ini membuktikan sekali lagi bahwa hal-hal kecil dapat memiliki dampak besar dan positif terhadap lingkungan dan kemanusiaan secara umum. (lp6/hut)