Ini Deretan Rahasia Dunia Penerbangan

Cuma Pilot yang Tahu
Dalam dunia penerbangan, pilot memang punya peran yang sangat penting. Bagaimana tidak, sang pilot harus menjamin penerbangan yang dilakukan aman sampai tempat tujuan. Walaupun sesungguhnya, banyak faktor lain yang mendukung sebuah perjalanan dengan pesawat.
Karena tugasnya yang berat ini, beberapa hal dalam dunia penerbangan menjadi sengaja dirahasiakan dan hanya diketahui oleh sang pilot. Salah satu rahasia dunia penerbangan yang hanya pilot tahu adalah mengenai segala hal yang terjadi di dalam kokpit selama penerbangan berlangsung. Belum lagi, mengenai kode-kode rahasia yang sering digunakan oleh pilot dan awak kabin.
Nah, dilansir dari Brightside, berikut beberapa rahasia dunia penerbangan yang hanya diketahui oleh pilot.
1. Dilarang Memiliki Janggut
Beberapa maskapai penerbangan memberikan larangan agar pilotnya tidak memiliki janggut. Alasannya agar masker oksigen yang digunakan dapat terpasang sempurna saat kondisi genting. Janggut dirasa dapat menghalangi penggunaan oksigen oleh sang pilot. Hal ini cukup memberikanmu jawaban, mengenai mengapa pilot sering terlihat rapi dan bersih tanpa janggut berlebihan kan?
2. Pesawat Harus Tetap Dingin
Jika kamu merasa kedinginan di pesawat, jangan panik atau buru-buru minta penghangat. Ternyata
seluruh kabin pesawat memang sengaja harus tetap berada pada kondisi dingin.
Menurut sebuah penelitian, terdapat hubungan antara temperatur dan tekanan pesawat serta hilangnya kesadaran karena hypoxia. Hypoxia ini disebabkan oleh udara panas berlebihan di kabin.
Karena itu, udara kabin harus tetap dingin. Agar tidak cepat merasa kedinginan, gunakan pakaian yang nyaman dan menghangatkan ya.
3. Pesawat Tidak Pernah Terbang Lurus
Pada penerbangan yang panjang, penumpang biasanya akan mendapatkan wujud peta lengkap dengan arah penerbangan yang dilakukan. Biasanya tanda yang menunjukan arah penerbangan berjalan lurus.
Namun, faktanya pesawat tidak berjalan lurus, terkadang membentuk kurva bahkan zigzag. Hal ini terjadi karena fakta bahwa bumi tidak berbentuk datar layaknya peta. Alasan lainnya, adalah karena pesawat harus terbang dekat dengan bandara. Hal ini penting jika secara tiba-tiba pesawat harus melakukan pendaratan paksa.
4. Orang Biasa Tak Mungkin Dapat Mengemudikan Pesawat
Jika karena film aksi kamu berpikir bahwa semua orang bisa mendaratkan pesawat, maka kamu salah. Hal tersebut sangat tidak mungkin untuk dilakukan di dunia nyata.
Walaupun kamu super jenius dan paham dengan segala simulator komputer yang sama dengan model pesawat, atau bahkan mengikuti instruksi rinci yang diberikan, kamu masih saja bisa gagal mengemudikan pesawat. Pasalnya, semua kemampuanmu akan kalah dengan satu hal sederhana, yaitu stres.
5. Delay tidak Hanya
Merugikan Penumpang
Delay atau penundaan penerbangan tidak hanya merugikan para penumpang, ternyata juga merugikan para awak kabin lho. Hal ini karena para awak kabin dibayar berdasarkan jam terbang, sedangkan waktu yang dihabiskan di bandara tidak masuk dalam jam terbang mereka. Walaupun ada insentif, jumlahnya akan sangat kecil. Jadi, tidak perlu kesal ke awak kabin saat pesawat delay ya.
6. Pintu Anti Peluru
Pilot memang dilindungi dengan pintu anti peluru yang dilengkapi dengan kode khusus untuk membukanya. Biasanya untuk mengecek kondisi para pilot di kabin bagian depan, para pramugari akan berkomunikasi dengan menggunakan telepon.
Komunikasi antara pilot dan pramugari wajib dilakukan setiap 40 menit pada siang hari dan 20 menit di malam hari. Jika beberapa hal buruk terjadi selama penerbangan, seperti pembajakan, pilot ternyata punya sinyal tersendiri untuk memberi tahu pihak bandara saat melakukan pendaratan. Sinyal bahaya dari pilot adalah dengan membiarkan bagian sayap terbuka.
7. Tempat Duduk Paling Nyaman
Dalam posisi pesawat terbang, kursi yang paling tidak nyaman dan mempunyai banyak guncangan berada di posisi belakang. Kamu wajib banget memilih kursi di bagian tengah yang dekat dengan sayap agar tidak merasakan guncangan dan dapat duduk dengan nyaman.
8. Pendaratan yang Kasar
Pada saat cuaca buruk, kemungkinan pesawat mendarat dengan kasar memang sering kali terjadi. Namun, ternyata hal tersebut bukanlah karena si pilot kurang pengalaman.
Faktanya, para pilot melakukan hal tersebut jika landasan ada dalam kondisi tergenang air. Pilot harus dengan sengaja mendaratkan pesawat dengan keras untuk memecah lapisan air agar tidak terjadi aquaplaning atau terpeleset saat landasan basah.
9. Lampu Pesawat Diredupkan
Biasanya mendekati pesawat take off dan landing, lampu pesawat akan diredupkan. Ternyata hal ini dilakukan sebagai bagian prosedur keamanan yang bisa saja menyelamatkan nyawa penumpang.
Meredupkan lampu kabin sebelum pesawat take off dan landing adalah untuk mempersiapkan para penumpang menemukan jalan ke pintu darurat. Terutama untuk menemukan rambu-rambu di lorong pesawat menuju pintu darurat yang sengaja dibuat terang saat gelap.
10. Masker Oksigen
Jika kamu berpikir bahwa masker oksigen dapat bertahan lama, maka lagi-lagi kamu salah. Ternyata masker oksigen hanya mampu bertahan selama 15 menit. Namun, tidak perlu panik, ternyata 15 menit adalah waktu yang cukup untuk pilot agar bisa mengarahkan pesawat ke ketinggian yang lebih rendah untuk para penumpang bisa bernapas normal.
Itu tadi deretan rahasia dunia penerbangan yang hanya diketahui pilot beserta para awak kabin. Gimana, sudah tidak ada lagi tanya dipikiranmu soal rahasia-rahasia ini kan?
(sc/hut)