PWI Batubara Gelar Pelatihan Jurnalistik

Batubara | Jurnal Asia

Mengusung tema ‘Mari Bersatu Perangi Hoax’, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kabupaten Batubara menggelar pelatihan jurnalistik kepada pelajar, pemuda, mahasiswa dan wartawan di Aula Kantor Bupati Batubara, Kecamatan Lima Puluh, Rabu (21/11).

Ketua PWI Perwakilan Batubara, Alpian mengharapkan, kegiatan pelatihan ini dapat memberi pemahaman dan pengetahuan tentang dunia jurnalistik kepada pelajar dan mahasiswa.

Pelatihan ini penting dilaksanakan sebagai wadah bagi generasi muda yang berkeinginan terjun dalam dunia jurnalistik.

“Kita berharap kegiatan ini dapat memberi pemahaman kepada pelajar dan mahasiswa tentang dunia jurnalistik. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga memberi wadah bagi generasi muda yang ingin terjun dalam dunia jurnalistik,”katanya.

Bupati Batubara RM Harry Nugroho mengapresiasi kegiatan pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh PWI Batubara. Peserta harus dapat memanfaatkan Pelatihan ini sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Di era digital seperti saat ini, masyarakat dituntut harus bijak dalam menyikapi suatu pemberitaan khususnya berita melalui media sosial. “Melalui pelatihan ini, mudah-mudahan kita dapat memahami tentang dunia jurnalistik sehingga kita dapat lebih bijak dalam menyikapi setiap pemberitaan yang ada,” ujarnya.

Sementara Ketua Dewan Kehornatan PWI Provinsi Sumatera Utara Sofyan Harahap sekaligus menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut menjelaskan tentang Pemilu dan peranan media dalam Pemilu. Saat ini, masyarakat dituntut untuk bijak dalam memilih media sebagai sarana informasi.
Sedangkan kewajiban media massa, melakukan tahapan reporting untuk memastikan kebenaran sebuah informasi berita yang dapat dipertanggungjawabkan.

“Kita sebagai wartawan harus dapat mendudukkan porsi kita sebagai media yang independen. Tidak hanya itu, pers harus menjaga asas jurdil, menjadi pemilih subyek bukan obyek dan menyuarakan aspirasi publik,” ucapnya.

Kegiatan pelatihan jurnalistik turut dihadiri Direktur Produksi PT Inalum (Persero) S Sijabat, War Djamil selaku narasumber, jajaran OPD Pemerintah Kabupaten Batubara dan juga penyerahan santunan bagi keluarga PWI Batubara yang telah meninggal dunia.
(raka)