Pentingnya Peran Keluarga Dalam Menangani Diabetes Mellitus

Medan- Keluarga sangat berperan penting dalam penanganan penyakit Diabetes Mellitus (DM), sebab keluarga dapat mengetahui tanda-tanda awal diabetes pada pasien sehingga penanganan pun cepat dilakukan.

“Kalau sudah ada keluarga yang terkena diabetes, maka keluarga wajib mengetahui tanda-tanda naik atau turunnya gula dalam darah. Sebab penyakit DM ini paling banyak temannya atau dampak seperti komplikasi,” terang dr Melati Silvanni Nasution M.Ked (PD) SpPD.

Penyakit DM ini sendiri terbagi atas DM tipe 1, DM tipe 2 ada juga DM gestasional yakni perubahan hormonal pada saat kehamilan namun DM jenis ini bisa saja hilang setelah sang ibu melahirkan.

“Nah, siapa saja yang berisiko terkena diabetes ini biasanya adanya keturunan atau genetik, orang-orang yang punya tekanan darah tinggi atau hipertensi, kolesterolnya tinggi dan orang yang pernah mengalami DM gestasional dan bila pola hidup tak sehat sehingga memicu kembalinya penyakit tersebut,” urainya.

Ia menegaskan bahwa penyakit DM tidak bisa disembuhkan, melainkan harus dikontrol dengan cara nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan energi, pola makan yang baik, olahraga yang ringan dan seirama, serta pengecekan rutin mengenai gula darah dalam tubuh.  (Tengku Putri)