Meriahkan Hari Guru dengan “Pelleng Sicina Mbara”

Pakpak | Jurnal Asia

Indonesia memiliki beragama suku dan budaya yang tentunya memiliki makanan khas yang sangat beragam.

Setiap daerah punya andalan makanan khas yang memiliki makna dari setiap makanan khas tersebut.
Sama halnya dengan makanan khas pakpak dairi yakni memiliki ciri khas berupa “Pelleng Sicina Mbara.”

Pelleng adalah salah satu jenis masakan khas yang hanya dikenal di kalangan masyarakat Pakpak. Pelleng biasanya disajikan bila mana ada hajatan atau peristiwa-peristiwa dalam keluarga atau desa.
Misalnya dalam tahapan produksi pertanian, hendak meminang, merantau, menjelang ujian, saat lulus, upacara menanda tahun, dan sebagainya.

Berdasarkan khas daerah Pakpak ini, berkaitan dengan momen perayaan hari guru nasional, MIN 1 Dairi gelar makan pelleng bersama dengan Kakankemenag Dairi, Kasi Pendidikan Islam, Pengawas PAI MI, kepala beserta guru – guru MIN 1 Dairi.

Acara ini dilaksanakan pada Senin 26 November 2018 di ruang guru.
Kepala MIN 1 Dairi Kamidun Solin mengatakan, acara ini terselenggara karena kerjasama guru – guru MIN 1 Dairi dalam menyemarakkan hari guru yang ke 73 ini.

“Terima kasih saya ucapkan kepada guru – guru yang telah bekerja sama dalam menyelenggarakan acara ini.

Sebagai makanan khas suku Pakpak, kebetulan kita kumpul bersama dengan pimpinan kita Kakankemenag beserta jajarannya, semoga ini penambah motivasi, semangat guru – guru dalam mendidik anak – anak,” ujarnya.

Kakankemenag Dairi Saidup Kudadiri mengatakan, dengan acara makan ‘pelleng sicina mbara’ ini, seluruh guru – guru MIN 1 Dairi berada dalam keadaan sehat, semangat dan mendidik anak – anak. Mereka nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa ini.

Jadikan momen seperti menjadi spirit dalam meningkatkan kinerja untuk mewujudkan madrasah yang hebat, madrasah bermartabat dan madrasah lebih baik.
(km/net)