Kekang Nafsu Belanja saat Ada Diskon Besar

Banyak pusat pembelanjaan mengadakan diskon besar-be­saran, terutama di akhir pekan atau setiap pergantian musim. Tak sedikit masyarakat yang menunggu waktu ini untuk mem­perbarui koleksi busana mereka.

Namun, sebelum ikut berburu lewat program diskon, pelajari dulu triknya agar tidak boros dan tergoda membeli yang tak perlu. Lakukanlah beberapa persiapan berikut:

Daftar belanjaan dan tetapkan sasaran
Selalu siapkan daftar belanjaan dan pusat perbelanjaan mana yang akan dikunjungi. Berikan batasan pula berapa tempat dengan program diskon yang akan dikunjungi jika belum menemukan koleksi yang dicari. Sebab, bagi sebagian orang, semakin banyak tempat yang didatangi maka semakin banyak pengeluaran.

Tentukan pilihan busana
Belilah busana yang memang pas dikenakan ukuran dan mo­delnya.

Buat prioritas
Jika ternyata kita benar-benar menginginkan jenis pakaian yang tidak termasuk dalam daftar, pertimbangkan jumlah koleksi dan sisa anggaran yang dimiliki sebelum membelinya.

Belilah baju tersebut setelah selesai membeli busana lain yang telah diincar karena setelah menenteng cukup banyak kantong belanjaan, umumnya orang akan cenderung mengurungkan niat untuk mem­beli barang tambahan.

Taat janji
Apabila memutuskan mem­be­li baju tersebut, buatlah ke­sepakatan dengan diri sendiri, misalnya, setelah memborong kali ini, kita tidak akan berbelanja baju hingga sebulan ke depan. Hal ini dilakukan supaya kita tidak mudah mencari alasan dan menyerah demi memenuhi keinginan.

Pakai uang tunai
Bawa uang tunai sesuai de­ngan daftar belanjaan yang akan dibeli. Jika memungkinkan, tinggalkan kartu debit dan kredit di rumah.

Ajak teman yang tegas
Ajaklah teman atau orang terdekat yang bisa mengingatkan agar kita tidak kalap berbelanja.

Tentukan pemakai barang?
Usahakan membeli hanya untuk diri sendiri atau titipan orang lain. Karena ketika melihat diskon, biasanya kita akan cenderung membeli untuk anak, pasangan, atau orang terdekat.
(tc)