Satgas Pangan Sidak ke Gudang Gula di Jl KL Yos Sudarso! Oknum Bermain Harga akan Dipidana

Satgas Pangan Sidak Gudang Gula. Aribowo

Medan | Jurnal Asia
Satgas Pangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumatera Utara (Sumut), bersama dengan Ditreskrimsus Polda Sumut dan KPPU melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Gudang Gula 77 di Jalan Kl Yos Sudarso Medan Labuhan, Kamis (19/3/2020) sore.

Sidak ini dilakukan untuk mengetahui ketersediaan stok bahan pangan, harga serta jumlah barang yang masuk maupun yang keluar dari dalam gudang tersebut.

“Kita melakukan sidak karena mendapatkan informasi mulai langkanya gula di pasaran sehingga harganya melonjak naik Rp17 ribu hingga Rp18 ribu (perkilo),” ujar Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Sumut Kombes Pol Rony Samtama di lokasi sidak.

“Faktanya yang kami dapatkan stok gula masih ada, harga yang dikeluarkan oleh Medan Sugar Nusantara (Gudang 77) harusnya batas toleransi tidak lebih dari Rp16 ribu (perkilo),” sambungnya didampingi Kasubdit II Ditreskrimsus Polda Sumut AKBP Eko Hartanto.

Oleh karenanya, ditegaskan Rony pihaknya akan mengambil langkah pidana terhadap orang yang bermain harga maupun yang menimbun barang.

“Di tengah situasi sekarang kalau ada yang bermain harga dipidana,” tegasnya.

Sementara Kepala Disperindag Sumut Zonny Waldi mengatakan stok harian gula di Sumut sejauh ini aman. “Harapan kita barang jangan sampai keluar Sumut,” tandasnya.

Pantauan wartawan sesampainya di dalam gudang tim gabungan menjumpai pemilik dan pengawas gudang. Tim Gabungan menegaskan stok bahan pangan jangan sampai ada keluar dari wilayah Sumut.(wo)