Penjual Bakso Bakar Jadi Sasaran Pemalak

Medan | Jurnal Asia

Tim Pegasus Polsek Medan Kota meringkus pelaku pemerasaan terhadap pedagang bakso bakar di depan Stadion Teladan Jalan GM Panggabean, Kamis (9/8). Devisman Laia (18) warga Jalan Sempurna tersebut ditangkap setelah video pemerasan yang dilakukannya viral di media sosial.

“Kita juga mendapat video tersebut dari warga. Dan kita langsung menyuruh anggota untuk melakukan penangkapan dan lakukan pemantauan,” ujar Kapolsek Medan Kota, Kompol Revi Nurvelani.
Saat petugas ke lapangan, Revi menyatakan pihaknya langsung mengamankan di saat itu juga.

Pelaku Devisman Laia yang melakukan pemalakan pada Kamis (9/8) pagi langsung diamankan siang hari sekitar pukul 14.00 WIB.

“Saya berterima kasih kepada masyarakat yang sudah berani menginfokan pada kami
pelaku kejahatan di Stadion Teladan. Berkat dokumentasi yang dilakukan masyarakat ini, kami lebih mudah mengidentifikasi pelaku,” ungkapnya. Revi mengaku, jika pihaknya sudah mengetahui kalau di seputaran Stadion Teladan

memang banyak preman yang meresahkan. Akan tetapi kepolisian sulit bertindak karena saat dilakukan penyisiran, aksi premanisme tidak berhasil ditemukan.

“Maka dari itu, kami sangat membutuhkan warga untuk merekam ataupun memvideokan aksi pemalakan. Sehingga kita bisa melakukan penindakan dengan cepat,” tandasnya.

Sekadar iniformasi, dalam rekaman video yang berdurasi 1 menit 42 detik tersebut, pelaku tampak memeras kakek penjual bakso bakar di seputaran Stadion Teladan agar memberikan sejumlah uang. Namun, korban menolak. Karena kesal, pelaku yang disebut-sebut sebagai pecandu narkoba lantas marah.

“Jangan ganggu saya, saya bilang jangan ganggu,” ucap kakek tua yang menggunakan baju putih dan lobe putih tersebut. Kemudian, preman tersebut malah mengancam agar korban memberikan uang kepadanya. Dan preman tersebut mengaku tidak takut berurusan dengan polisi.
(ial/hut)