Pemukiman Warga di Padangsidimpuan Dilahap Api, 14 Rumah Ludes Terbakar

Warga berupaya memadamkan api. Ist

Padangsidimpuan | Jurnal Asia
Si jago merah mengamuk di kawasan pemukiman padat penduduk di Jalan Jenderal Sudirman Kota Padangsidimpuan, Kamis (9/1/2020) sore tadi.

Kebakaran mengakibatkan 14 unit rumah ludes terbakar, beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini.

Kebakaran tersebut diketahui warga usai melihat gumpalan asap hitam menyelimuti kediaman salah satu rumah warga. Melihat hal itu, warga pun berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Namun, api kian membesar karena kencangnya hembusan angin. Selain itu, banyaknya barang yang mudah terbakar membuat api dengan mudah menjalar ke kediaman warga lainnya.

Salah seorang warga Indra mengatakan bahwa pada saat itu warga melihat ada gumpalan asap tebal. Oleh warga langsung berusaha memadamkan api yang menyebabkan gumpalan asap itu.

“Awalnya tadi saya lihat gumpalan asap hitam di kediaman Pardede. Tidak ada api awalnya yang saya lihat. Hanya gumpalan saja. Pas angin kencang, barulah kelihatan apinya,” katanya.

Melihat api mulai membesar, warga kemudian menghubungi pihak pemadam kebakaran untuk memadamkan api. Bahkan sejumlah warga lainnya berusaha menyelamatkan barang berharganya dari dalam rumah.

Sedangkan petugas pemadam kebakaran bersama warga berusaha memadamkan api. Tak lama berselang petugas berhasil meredakan amuk si jago merah.

“14 rumah terbakar, tak ada korban jiwa dalam kebakaran ini,” kata Camat Camat Padangsidimpuan Utara, Zulkifli Lubis.(wo)