Pembunuh Mertua dan 2 Anak Pejabat Aceh Dibekuk | Motif Mau Merampok

Banda Aceh – Seorang pelaku pembunuhan mertua dan dua anak Kepala Bidang (Kabid) Pengairan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) berhasil ditangkap. Pelaku berinisial ES (27) asal Kabupaten Aceh Tengah.

“Pelaku ditangkap semalam (Kamis 18 Mei) sekira pukul 22.00 WIB bertempat di Desa Kampung Baru Kecamatan Lut Tawar kabupaten Aceh Tengah,” kata Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Goenawan, saat dikonfirmasi, Jumat (19/5).

Penangkapan dilakukan tim Opsnal Reskrim Polres Aceh Tengah. Kepada polisi, pelaku mengaku masuk ke rumah korban pada Selasa 16 Mei sekitar pukul 01.00 WIB dinihari melalui lantai 2 dengan menggunakan kayu penyangga.

Pelaku awalnya hendak merampok. Namun karena ketahuan akhirnya membunuh ketiga korban yaitu Wirnalis (62) dan dua anak Kabid Pengairan, Mulyadi yaitu Fakhrurazi (12) dan Askhar Balihar (8).

Usai membunuh korban, pelaku melarikan diri. “Saat ini pelaku telah diamankan di Rutan Mako Polres Aceh Tengah guna penyidikan lebih lanjut,” jelas Goenawan. Aksi pembunuhan itu diketahui saat Mulyadi hendak menjemput anaknya yang dititip pada mertuanya, Wirnalis, Rabu 17 Mei sekitar pukul 13.20 WIB. Saat mengetuk pintu rumah, tidak ada suara yang menjawab dari dalam.

Mulyadi kemudian mendatangi rumah saudara yang berada tidak jauh dari lokasi. Mereka selanjutnya mendobrak pintu rumah mertua Mulyadi. Setelah pintu terbuka, keduanya kaget melihat tiga orang penghuni rumah meninggal bersimbah darah.

Intai Rumah Korban
Sebelum beraksi, pria berinisial ES (27) ini berniat merampok dan sudah 4,5 jam berada di sekitar rumah korban. “Sekira pukul 20.30 WIB pada Senin 15 Mei pelaku sudah berada di samping rumah korban dan sekira pukul 01.00 WIB pelaku masuk ke dalam rumah korban,” kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Goenawan.

Pelaku asal Aceh Tengah ini tiba di Abdya pada Senin (15/5) sekitar pukul 17.00 WIB. Sebelum melancarkan aksinya, ES sempat singgah ke rumah kakak kandungnya di Desa Meudang Ara Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya.

Baru pada Selasa (16/5) dinihari sekitar pukul 01.00 WIB pelaku masuk ke rumah korban melalui lantai dua dengan menggunakan kayu sebagai penyangga. Ia awalnya hendak merampok.

“Pada saat melakukan aksinya pelaku berencana mencuri harta korban namun ketahuan dan pelaku langsung mengambil inisiatif untuk menghabisi korban karena telah mengetahui aksinya,” jelas Goenawan.

“Saat ini pelaku telah diamankan di Rutan Mako Polres Aceh Tengah guna penyidikan lebih lanjut,” ungkap mantan Wadirlantas Polda Aceh ini. (dtc)