Minggu Malam, Gempa Bumi 2,2 SR Guncang Medan! BMKG : Sudah Terjadi 2 Kali

 

Lokasi gempa yang dirasakan di Medan. Ist

Medan | Jurnal Asia
Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Medan dan sekitarnya untuk kedua kalinya, Minggu (22/9/2019) hari ini.

Teranyar, gempa bumi terjadi Minggu malam sekitar pukul 22.43 WIB. Gempa dengan kekuatan magnitude 2,2 Skala Richter (SR) ini dirasakan sebagian warga Medan. Belum dilaporkan adanya kerusakan ataupun korban akibat kejadian ini.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan Edison Kurniawan menyampaikan episenter gempabumi terletak pada koordinat 3.39 LU dan 98.58 BT, tepatnya di 23 km Utara Berastagi, Kab. Karo Provinsi Sumatera Utara pada kedalaman 2 km.

“Ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang menyebabkan terjadi deformasi batuan, sehingga memicu terjadinya gempabumi,” ujarnya.

Ia mengatakan berdasarkan informasi warga, intensitas guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di Medan II-III MMI. Hingga laporan ini disusun, belum ada laporan kerusakan maupun korban.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi di Medan yang baru saja terjadi, dikatakan Edison hingga laporan ini disusun pada pukul 23.09 WIB sudah terjadi 2 kali gempa bumi.

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta arahan dari BPBD,” pungkasnya.(wo)