Ingin Punya Android dan Beli Rokok | Dua Bocah Jadi Spesialis Jambret

Lampung – Ingin punya HP Android dan beli rokok, dua pelajar berusia 15 tahun warga Gunungsugih, Lampung Tengah, nekat menjambret.

“Saya masih sekolah ikut Paket B, saya terpaksa ngejambret karena ingin punya HP Android dan rokok,” kata salah satu pelaku, saat ekspose yang dipimpin Kapolda Lampung Irjend Pol Suroso Hadi Siswoyo di markas Polda Lampung, Senin (13/11).

Anak bungsu dari dua bersaudara ini mengaku, keseharian ayahnya bekerja sebagai sopir truk, karena itu jarang sekali bertemu. Sedangkan ibunya hanya sebagai ibu rumah tangga.

“Saya sering menginap di rumah teman saya ini karena merupakan tetangga desa. Karena punya keinginan sama, kami nekat ngejambret,” tuturnya.

Bocah ini juga mengaku, pertama kali mereka menjambret tidak direncanakan (spontanitas). Sekali berhasil, mereka pun akhirnya menjadi ketagihan.

“Kami sudah tiga kali ngejambret, terakhir saya ditangkap warga dan diserahkan ke petugas. Saya sudah minta maaf kepada ibu dan saya menyesal, tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi,” sesalnya yang diamini oleh rekannya. Kapolda Lampung, Irjen Pol. Suroso Hadi Siswoyo mengatakan, mengenai pelaku jambret yang hampir rata-rata masih berusia muda pihaknya akan mengupayakan tindakan preventiv.

“Kita akan lebih meningkatkan patroli dan kita juga akan melakukan pendekatan terhadap anak-anak muda yang kerap kali nongkrong di pinggir jalan dengan pendekatan dialogis,”ungkapnya. (pkc)