Angin Kencang Sebabkan Pohon Tumbang, Timpa 1 Unit Rumah dan 3 Kendaraan di Medan

Pohon tumbang menimpa kendaraan warga yang terparkir di tepi jalan. Ist

Medan | Jurnal Asia
Angin kencang yang melanda Kota Medan, Selasa (23/7/2019) sore tadi mengakibatkan pohon tumbang menimpa rumah warga dan kendaraan.

Manajer Pusdalops BPBD Medan M Yunus menyampaikan pohon tumbang terjadi di dua lokasi yakni di Gang Dame Lingkungan Lingkungan IV Kelurahan Helvetia Timur Kecamatan Medan Helvetia.

“Pohon tumbang menimpa rumah warga, BPBD Medan telah berkoordinasi dengan Dinas Pertamanan untuk upaya eksekusi,” ujarnya.

Ia mengatakan belum ada laporan apakah ada korban, terkait pohon tumbang yang menimpa rumah warga. “Sejauh ini belum ada korban,” katanya.

Dikatakan Yunus pohon tumbang juga terjadi di Jalan Sekip, Kecamatan Medan Petisah. Akibat peristiwa ini tiga unit mobil pribadi yang terparkir di tepi jalan dikabarkan menjadi korban.

Adapun mobil yang tertimpa pohon tumbang tersebut yakni, Toyota Innova dengan nomor pisi 1792 JT warna abu-abu dan Toyota Avanza warna biru metalik dengan nomor polisi BK 1151 KT.

Sedangkan satu mobil lainnya yang telah berhasil dievakuasi petugas yakni Toyota Innova berwarna hitam dengan nomor polisi BK 1293 JM.

Kepala Lingkungan III, Kelurahan Sei Putih Timur 1, Kecamatan Medan Petisah, Umar Dhani Hasibuan mengatakan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 14.30 WIB.

“Kalau hujan tidak ada ya. Namun sebelum kejadian angin memang cukup kencang. Kalau pohon ini bawahnya telah busuk,” ungkapnya.

Pantauan di lokasi petugas dari Kelurahan Sei Putih Timur terlihat tengah berupaya membersihkan puing-puing pohon yang melintang jalan.

Dengan menggunakan mesin pemotong kayu (senso) petugas memotong dahan pohon tumbang tersebut. Sementara selama proses evakuasi, sebelah jalur Jalan Sekip terpaksa ditutup sementara.(wo)