33 Kali Menjambret, Bandit Jalanan Ini Roboh Ditembak Tekab Polrestabes Medan

Tersangka meringis kesakitan kakinya ditembak. Ist

Medan | Jurnal Asia
Seorang buronan kasus penjambretan yang telah 33 beraksi di berbagai lokasi di Kota Medan akhirnya terciduk. Senin (23/3/2020).

Tersangka bernama M Ilham Marpaung alias Ilham Batu (21) warga Jalan Pasar IX, Gang Nenas, Kecamatan Percut Seituan. Dalam penangkapan tersebut tersangka terpaksa memberikan tindakan tegas terukur terhadap tersangka karena melawan petugas.

“Tersangka ditangkap saat berada di sekitar Jalan Tembaga, Kecamatan Medan Area,” kata Kasat Reskrim Polrestabes Medan AKBP Maringan Simanjuntak kepada wartawan.

Baca Juga : Tim Pemburu Preman Seser Pajak MMTC, Medan Mall, dan Center Point! 25 Orang Diamankan

Dijelaskannya, penangkapan terhadap tersangka bermula dari laporan aksi pejambretan yang dialami korban terjadi pada 29 Desember 2019.

Saat pelapor berada di Jalab Tembaga, Kecamatan Medan Area sedang berdiri sambil memegang ponsel tiba-tiba dihampiri seorang pria mengendarai sepeda motor skuter metik langsung merampas ponsel korban.

“Akibatnya korban mengalami kerugian sebesar Rp 16 juta,”kata Kasat.

Atas kejadian itu, Tim Tekab Unit Ranmor bergerak melakukan penyelidikan. Tiga bulan berlalu, tepatnya pada 22 Maret 2020 tim mendapat informasi bahwa tersangka sedang berada di sekitar Jalan Tembaga, Kecamatan Medan Area. Petugas langsung mengamankan tersangka.

Tersangka jambret diinterogasi petugas. Ist

Namun, saat tersangka diajak melakukan pengembangan untuk mencari barang bukti sepeda motor yang digunakan untuk menjambret, tersangka malah mencoba melarikan diri dengan melawan petugas. Tim sempat memberikan 2 kali tembakan peringatan ke udara. Tapi tidak dihiraukan oleh tersangka.

Baca Juga : Lapak Narkoba Digerebek Polisi, 5 Pemuda di Labuhan Deli Lompat Sungai! 1 Hanyut

Tak mau kecolongan, tim memberikan tindakan tegas dan terukur dengan menembak kearah kaki tersangka. Usai dilumpuhkan, tersangka di boyong ke RS Bhayangkara Medan untuk mendapatkan pertolongan medis.

“Dari pemeriksaan tersangka sudah 33 kali beraksi melakukan penjambretan di berbagai lokasi diantaranya di Jalan Asia, Jalan Wahidin, Jalan Sutrisno, dan lokasi lainnya,” pungkasnya.(wo)