1 Tahun Lebih Buron, Polsek Medan Barat Ringkus Perampok Begal! Kakinya Ditembak

Tersangka perampokan yang diamankan Polsek Medan Barat. Ist

Medan | Jurnal Asia
Bisa lari tapi tak bisa sembunyi, ungkapan itu tepat ditujukan bagi pelaku kejahatan jalanan bernama M Yusuf Nasution (26).

Pelaku perampokan begal sepedamotor yang beraksi di Jalan KL Yos Sudarso ini ditangkap Tekab Polsek Medan Barat setelah dua tahun lamanya melarikan diri.

Kapolsek Medan Barat Kompol Afdhal Junaidi menjelaskan aksi perampokan ini terjadi Jumat (2/11/2018) silam. Dalam aksinya tersangka Yusuf bersama tiga pelaku lainnya merampok sepedamotor korban M Fauzi (24) ketika melintas di Jalan KL Yos Sudarso.

“Komplotan begal ini beraksi merampok korban dengan memepet dan mengancam menggunakan senjata tajam jenis kelewang,” katanya.

Polisi yang menerima laporan kasus ini, dikatakannya, kemudian melakukan penyelidikan lebih lanjut dan mengidentifikasi keempat pelaku. Afdhal mengatakan pihaknya sebelumnya telah mengamankan dua tersangka Alfan Hutagaol dan Haris pada tahun 2018 dan sudah menjalani hukuman pidana.

Tersangka yang ditembak kakinya menjalani perawatan di RS Bhayangkara. Ist

Selanjutnya, dikatakan Kapolsek, Tekab Polsek Medan Barat yang mendapat informasi keberadan tersangka Yusuf di Jalan Pasar III Kecamatan Percut Sei Tuan langsung melakukan penyergapan.

“Tersangka Yusuf ini ditangkap setelah satu tahun lebih DPO,” ujar Afdhal.

Saat dilakukan pengembangan, kata Kapolsek, tersangka melakukan perlawanan sehingga terpaksa tindakan tegas terukur dengan menembak kakinya. Usai dilumpuhkan tersangka kemudian diboyong ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan untuk mengobati lukanya.

“Dari pemeriksaan sejak tahun 2018 tersangka sudah 10 kali melakukan perampokan,” pungkasnya.

Adapun lokasinya yakni tiga kali begal di Jalan Pancing Kecamatan Percut Sei Tuan, dua kali di Jalan Adam Malik, dua kali di Jalan Cemara, satu kali di Jalan Jamin Ginting dan dua kali di Jalan KL Yos Sudarso.(wo)