Selamat Hari Kartini

Hari ini, Jumat (21/4) 2017, kita kembali memperingati sekaligus mengenang sosok kartini. Perkembangan teknologi menjadi wadah yang mendukung lahir dan berkembangnya sosok Kartini, yang mana setiap wanita ingin memperoleh kebebasan hak yang sesuai dengan apa yang diperjuangkan oleh Kartini. Yang mana Perempuan juga mempunyai hak untuk memperoleh pendidikan dan akses untuk menggapai impian dalam sukses karirnya.

Wanita zaman ini bukan lagi wanita yang tenggelam dalam ketidaktahuan, lalu pasrah dengan pandangan publik terhadap wanita yang mengggema dari zaman penjajahan. Wanita haruslah cerdas dan berwawasan luas.

Membekali diri dengan pengetahuan yang benar agar tidak mudah diperdaya oleh berita yang beredar. Wanita yang kekinian tidak melulu cetar membahana karena bergelimang harta tetapi menjadi sosok yang dipandang karena karyanya.

Karena harta cuma sementara, bahkan bisa diperoleh dengan cara yang tidak semestinya. Wanita juga harus rajin, berenergi, dan selalu bersemangat mengerjakan yang menjadi bagiannya. Tidak perlu banyak berkata karena karyanya yang berbicara.

Kata boleh terbatas, namun karyanya menginspirasi masyarakat luas. Dia juga akan peduli dengan kesehatan raganya karena itu mempengaruhi performa. Kaum hawa di era ini harus menjadi sosok yang menyenangkan.

Bukan menyenangkan semua orang dengan berkompromi melakukan hal-hal yang merendahkan diri. Bukan pula berarti menjadi pribadi yang menjadikan foya-foya sebagai hobi. Wanita yang menyenangkan akan selalu dirindukan karena dalam kehadirannya selalu ada energi positif yang orang-orang rasakan, termasuk membawa kedamaian.

Di era teknologi, semakin matang pemahaman masyarakat tentang maksud dan tujuan dari perjuangan seorang R.A Kartini, semakin menunjukkan sikap toleransi antar sesama, dan dewasa ini semakin ketara melihat beberapa sosok perempuan sudah berada di beberapa posisi strategis dan mereka mendapatkan kesempatan memberikan sumbangsih terhadap negara dan masyarakatnya.

Tantangan bagi perempuan di era modern ini, tidak serta merta mereka sibuk dengan dunianya sendiri, sehingga dunia lainnya seperti lingkungan keluarga tidak mendapat perhatian.

Statement ini keluar dari perempuan juga yang khawatir dengan perempuan saat ini yang berbeda di masa lalu melihat perkembangan teknologi juga memberikan sumbangsih membentuk kepribadian sopan dan santun seorang perempuan.

Semoga di sekitar kita semakin banyak sosok wanita yang hebat yang menginspirasi lalu nantinya akan dikenang karena prestasi dan keindahan hati. (*)