Berbagai Keindahan Alam Bisa Dinikmati Wisatawan Secara Gratis

Kota Solok Sorganya Dunia

Solok | Jurnal Asia

Kota Solok merupakan Kota Kecil yang di kelilingi oleh berbagai keindahan asri alam yang bisa dinikmati oleh wisatawan dan tak salah lagi Kota Solok sorganya dunia, dan untuk menjadikan Kota Solok sebagai sorganya dunia pemerintah Daerah bersama DPRD dan kepala OPD se Kota Solok bersama Pemangku adat, ketua KAN, LKAAM dan Bundo Kanduang dan masyarakat Kota Solok telah menjadikan Kota Solok sebagai Kota Beras Serambi Medinah yang mana berbagai visi dan misi Kota Solok 5 tahun kepemimpinan Walikota Solok Zul Elfian SH.MSi bersama Wakil Walikota Solok Reiner ST.MM  menjadikan Kota Solok kota beras serambi medinah  perdagangan dan jasa serta dan menjadikan kota tujuan wisata pada tahun 2020 mendatang

Keindahan alam yang dimiliki kota solok sangat luar biasa, kota kecil yang berdiri sejak 16 Desember 1970 dengan 2 kecamatan terdiri dari 13 kelurahan ini, dari tahun ke tahun terus menampakkan kemajuan baik dari segi ekonomi, pariwisata, kesehatan, pendidikan dan yang lainnya.

Dan tak kalah pentingnya lagi kebersamaan dan adat budaya yang dimiliki kota solok masih terjaga kelestariannya sampai saat ini, seperti tradisi arak bako yang telah memecahkan rekor MURI tahun 2017, tradisi tulak bala oleh bundo kanduang se kota solok  di hamparan sawah solok, silek tuo, manjujai anak dan lain sebagainya

Kota solok yang terletak di persimpangan jalan antar provinsi dan antar Kabupaten dan Kota menjadikan sebagai Kota yang berlokasi strategis untuk menjadi kota tujuan. Oleh karenanya hal ini di jadikan salah satu dasar dan sekaligus pondasi untuk menjadikan Kota kecil ini sebagai Kota Tujuan wisata dan sorganya dunia.

Potensi pariwisata yang luar biasa yang ada di wilayah kota solok ini jika dikembangkan  dengan baik, bukan mustahil akan bisa menggerakkan perekonomian masyarakat Kota Solok dan menguntungkan  bagi masyarakat sendiri maupun bagi kemajuan  wilayah Kota Solok terutama di  sektor pariwisata dan UKM.

Dalam hal ini Pariwisata mempunyai peranan penting dalam perkembangan pembangunan khusus perekonomian Kota Solok karena kegiatan  pariwisata merupakan salah satu sumber pendapatan yang cukup pontensial. Objek Wisata paling banyak menyumbang pertumbuhan ekonomi. Ekonomi bertumbuh  dari empat sumber yaitu konsumsi masyarakat ( spending), investasi, ekspor dikurangi impor dan governmen expenditure. Wisata mengontribusikan personal spending  terbanyak.

Karena untuk berwisata dan bisa menghirup serta menikmati keindahan alam di tempat rekreasi dan objek wisata bagi pribadi dan keluarga serta teman teman dan rombongan pemerintah  mengadakan libur bersama hanya satu, yaitu agar masyarakat berwisata. Saat berwisata, orang pasti berbelanja.

Jika berbelanja, turn over perekonomian akan bertumbuh. Demikian pula dalam hal investasi, berdirinya resort-resort akan mendorong pengeluaran yang akan membuat ekonomi bertumbuh. Promosi produk dan jasa juga membuat nilai ekspor meningkat, sehingga Peranan wisata terhadap pertumbuhan ekonomi sangat luar biasa.

Oleh karena itu keanekaragaman pemandangan alam, kekayaan seni budaya, dan adat tradisi Kota Solok merupakan mahkota yang  harus dipelihara, dikembangkan, dan ditunjukkan kepada dunia luar, sehingga potensi itu dapat bermanfaat baik untuk masyarakat maupun  pemerintah  dalam meningkatkan pendapat asli daerah. Kekayaan tersebut merupakan modal untuk pembangunan  terutama di bidang Pariwisata yang diangkat di kancah Pariwisata Nasional maupun Internasional.

Kota solok memiliki berbagai tempat wisata yang lebih dominan dengan keasrian alamnya kesegaran udaranya dan keindahan alam yang tidak semua daerah memilikinya seperti bagian Barat Kota Solok, nuansa alam yang berada di objek wisata puncak bidadari, dimana puncak bidadari ini berada di daerah perbukitan dengan ketinggian lebih kurang 300 meter dari permukaan.

Di sana wisatawan akan berdecak kagum nantinya karena dimanjakan dengan keindahan alam Kota Solok dan keasriannya. Di ketinggian tersebut wisatawan juga bisa menikmati indahnya bermain paralayang dan sampai saat ini objek wisata puncak bidadari ini terus dilakukan pengembangan nya oleh dinas pariwisata dan pemuda olahraga Kota Solok.

Tidak Hanya puncak bidadari saja di sebelah timur Kota Solok tepatnya di Daerah Laing kelurahan laing pesona alam dan keindahan alam kota solok juga akan membuat takjub wisatawan. Di objek wisata ini juga menjual keindahan alam dan keasriannya seperti Rumah Pohon Laing Park yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata. Walaupun hanya nuansa alam yang dijualnya namun kenikmatan yang dihasilkan dan didapati pengunjung sangat memuaskan, sehingga tempat wisata ini juga terus dibenahi oleh dinas terkait.

Air terjun sarasah batimpo

Di lokasi yang sama sekitar 1 kiloan dari Objek wisata laing Park  juga terdapat sebuah air terjun di daerah laing kecamatan tanjung harapan kota solok yang sangat indah dan memiliki udara yang sangat sejuk, sehingga jika wisatawan mengunjungi tempat ini, pastilah tidak mau terburu buru untuk meninggalkannya.

Mesjid raya almuhsinin kota solok

Beralih ke Kota Solok bagian tengah,Kota Solok memiliki sebuah mesjid yang sangat megah dengan ukuran yang sangat luas dan bisa menampung beribu ribu jamaah di dalamnya, yakni mesjid agung almuhsinin kota solok dengan keindahan struktur dan bangunannya membuat mesjid ini salah satu tujuan wisata di Kota Solok dan patut di katakan sorganya dunia. Tidak hanya masyarakat Kota Solok, masyarakat luar daerah bahkan presiden RI Ir Joko Widodo pun pada peringatan Hari Pers Nasional tahun 2018 lalu, melaksanakan sholat Dzhur berjamaah di mesjid ini.

Kota Solok Bagian tengah terdapat objek wisata pulau belibis,disini wisatawan akan di suguhkan dengan keindahan alamnya sekaligus di manjakan dengan keindahan sebuah telaga yang berukuran sedang. Di sana dinas pariwisata telah menyediakan beberapa unit perahu kecil bebek dan sejenisnya sebagai wahana penyegaran tubuh bagi pengunjung untuk menikmati keindahan telaga, selain itu bola raksasa yang terbang indah di puncak telaga ini menjadikan sebuah even atau tempat selfi bagi pengunjung dilokasi ini. Di sini juga pengunjung bisa menikmati berbagai permainan menarik buat anak anak seperti ayunan,perosotan, tempat peristirahatan dan seekor kuda yang siap didampingi orangnya untuk menikmati keindahan alam di objek wisata ini .

Dan tak kalah menarik lagi dan objek wisata ini, rugi kalau tidak dikunjungi jika berada di Kota Solok, yaitu objek wisata yang sangat senter atau sudah tak asing lagi didengar oleh telinga wisatawan baik daerah maupun luar daerah bahkan wisatawan luar negri yakni objek wisata agro wisata Sawah Solok .
Karena Kota Solok adalah Kota penghasil beras ternama yakni beras solok maka Kota Solok diberi nama Kota Solok Kota beras serambi medinah. Di sinilah Agro wisata Sawah Solok menjadi icon Kota Solok dan disini wisatawan disuguhkan dengan hamparan sawah yang membentang luas sepanjang jalan utama kota solok. Di sebelah baratnya terdapat hamparan bukit barisan yang menjadikan sawah solok lebih indah.

Di sepanjang hamparan sawah solok ini, dinas terkait telah membuat peristirahatan peristirahatan kecil seperti pondok pondok untuk wisatawan sambil menikmati kesegaran asri udara Kota Solok.

Dengan berbagai banyak objek wisata yang ada di kota solok, rugi rasanya jika kita tidak turun langsung dan menikmati langsung keindahan alam yang dimiliki kota solok yang mana untuk menikmati keindahan alam kota solok ini wisatawan tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk bisa menikmatinya karena Pemerintah Daerah Kota Solok memberikan nuansa keindahannya secara gratis alias tanpa karcis bagi pengunjung.

Jadi dengan secara sukarela dan tanpa memberikan karcis hal ini telah mendapatkan PAD Bagi Kota Solok yakni dengan peningkatan perekonomian kuliner yang di sajikan oleh masyarakat Kota Solok dan lahan parkir yang di kelola oleh pemerintah dan pemuda pemuda setempat. (eli)