Tim Unggulan Tak Terkendala ke Fase Knockout

Jakarta | Jurnal Asia

Separuh laga matchday 5 Liga Champions telah rampung dimainkan. Tim-tim besar tak menemui kendala berarti meraih poin penuh untuk maju ke fase knockout.

Delapan dari 16 laga fase grup tengah pekan ini dipertandingkan pada Rabu (28/11) dinihari WIB. Satu-satunya tim besar yang gagal meraih angka penuh adalah Manchester City. The Citizens dua kali tertinggal sebelum memaksakan hasil 2-2 di markas Olympique Lyon.

Dalam ini dua gol Lyon yang diciptakan oleh Maxwell Cornet menit ke-55 dan 81 mampu dibalas oleh Aymeric Laporte menit ke-62 serta Sergio Aguero menit ke-83.

Hasil ini membuat City gagal revans usai di matchday perdana tumbang 2-3 di Stadion Etihad. Namun demikian, tim asuhan Pep Guardiola ini mengunci kelolosan ke babak berikutnya dari Grup F.

Manajer City Pep Guardiola menyebut Lyon sebagai salah satu lawan terberat, terlebih mengingat bahwa City kalah 1-2 di leg pertama. Tapi satu poin ini setidaknya menunjukkan bahwa para pemainnya punya mentalitas tangguh, apalagi bermain di kandang lawan.

“Kami sangat senang dan gembira. Ini adalah hadiah besar untuk tim, melawan salah satu tim terberat yang pernah saya temui,” kata Guardiola.

City memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Tambahan satu poin menjaga mereka di puncak klasemen dengan 10 poin, tiga lebih banyak dari jumlah nilai Lyon di posisi dua.

Di laga lain, Bayern Munich yang terpuruk di Bundesliga tetap mampu tampil perkasa dengan menggasak Benfica 5-1 di Allianz Arena. Hasil ini memastikan satu tempat untuk FC Hollywood di babak 16 besar.

Bayern didampingi oleh Ajax Amsterdam sebagai wakil Grup E di babak 16 besar. Kepastian ini diperoleh setelah De Godenzonen meraih kemenangan 2-0 di markas AEK Athens.

Sementara di Grup G, Real Madrid sukses mengalahkan AS Roma di Stadion Olimpico. Dua gol dari Gareth Bale menit ke-47 dan Lucas Vazquez menit ke-59 memastikan El Real melaju ke babak 16 besar sebagai juara grup.

Meskipun kalah Roma juga berhak meraih tiket ke 16 besar. Kelolosan Roma dikonfirmasi setelah saingan terdekatnya CSKA Moskow justru kalah di kandang sendiri 1-2 dari Victoria Plzen.

Dua tim besar yang tergabung di grup H yaitu Juventus dan Manchester United sukses meraih kemenangan identik 1-0 atas lawan-lawan mereka untuk lolos ke fase knockout.

Bianconerri mengalahkan Valencia lewat gol tunggal Mario Mandzukic menit ke-59, sementara itu Marouane Fellaini menciptakan gol di injury time yang memenangkan MU atas Young Boys.

Juventus mengakui tak mudah mendapatkan celah untuk menyerang Valencia. Butuh kesabaran dan kecerdikan untuk akhirnya mendapatkan gol.

“Valencia membuktikan bahwa mereka dalam kondisi bagus, punya pertahanan terbaik di La Liga dan tak mudah menjebol mereka. Mereka menyerang dengan empat pemain dan bertahan dengan enam orang, jadi kami kesulitan menemukan celah untuk membongkar mereka,” kata pelatih Juventus Massimiliano Allegri.

Valencia memang jadi satu dari dua tim bersama Atletico Madrid, yang sejauh ini punya jumlah kebobolan paling sedikit di La Liga. Keduanya baru kemasukan sembilan gol.

Satu hal yang cukup disesali Allegri dari penampilan timnya di babak kedua adalah kurangnya ketajaman dari para pemain. Dia menilai peluang-peluang yang didapatkan seharusnya bisa diselesaikan dengan lebih baik.
(dc-adp)