SDN 020584 Binjai Berhasil Juarai MILO Football Championship Medan 2019

Juara Pertama : SDN 020584 Binjai merebut juara pertama MILO Football Championship Medan 2019 di Stadion Teladan, Medan, Minggu (10/2).Ist

Medan | Jurnal Asia
Sekolah Dasar Negeri (SDN) 020584 Binjai berhasil menjadi tim terbaik MILO Football Championship Medan 2019. Tim tersebut mengalahkan SDN 101752 Kelambir Lima dengan skor 2-1 di babak final di Stadion Teladan, Medan, Minggu (10/3).

SDN 020584 Binjai memboyong piala MILO serta uang pembinaan sebesar Rp7,5 juta. Sementara itu, SD Swasta Muhammadiyah Lubuk Pakam menjadi juara ketiga setelah mengalahkan SD Siti Hajar dengan adu penalti dan memperoleh skor 2-1.

Guru olahraga dan pelatih SDN 020584 Binjai, M. Nasir Tanjung mengatakan, target awal hanya masuk di babak semifinal MILO Football Championship Medan. Namun hasilnya menjadi juara di ajang kompetisi ini.

“Persiapan yang kami lakukan dengan giat berlatih sebanyak empat kali dalam seminggu selama satu tahun. Pada pertandingan final tadi saya memotivasi para siswa untuk bermain tenang dalam menghadapi lawan di lapangan,” katanya.

Affan Hafiz (11), siswa kelas 5 yang berhasil menyumbang gol untuk SDN 020584 Binjai mengatakan, pertandingan berlangsung dengan cukup menegangkan. Namun berkat dukungan dari pelatih akhirnya semua bisa bermain dengan fokus dan tenang.

“Saya juga berharap dapat terpilih menjadi pemain terbaik agar bisa bertemu dan bertanding dengan tim dari negara-negara lain di MILO Champions Cup di Cina,” harapnya.

Tahun ini, tim talent scouting yang terdiri dari Kurniawan Dwi Yulianto, Ponaryo Astaman dan Zaenal Abidin akan memilih 16 pemain terbaik dari seluruh kota pelaksanaan MILO Football Championship untuk kemudian mengikuti proses seleksi di MILO Football Camp Jakarta.

Kemudian, delapan pemain yang lolos seleksi akan mewakili Indonesia di MILO Champions Cup yang diadakan di Suzhou dan Haikou, Cina pada Juli mendatang.

“Kualitas para peserta di Medan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Saya berharap nantinya akan ada pemain terbaik dari Medan yang akan berangkat ke Cina,” ujar Ponaryo Astaman.

Dalam memilih pemain terbaik, sambungnya, mereka tidak hanya akan menilai dari kemampuan individu anak, namun juga akan menilai sikap dan karakter di lapangan serta kemampuan untuk bermain dalam tim.

Anak-Anak Antusias Ikuti Acara 
Pelaksanaan hari kedua MILO Football Championship Medan juga menghadirkan berbagai kegiatan untuk anak-anak usia 6-12 tahun selain peserta MILO Football Championship. Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah Tantangan Juara MILO dan MILO Football Clinic Day.

Tantangan Juara MILO hari ini menghadirkan beberapa permainan seperti menggiring bola, melewati halang rintang, tantangan keseimbangan, dan shooting bola basket yang diikuti oleh lebih dari 300 anak.

Selain itu, sebanyak 250 para ibu mengikuti Kelas Nutrisi bersama ahli gizi Mury Kuswari yang berbagi informasi mengenai pentingnya pemenuhan gizi seimbang untuk menunjang kegiatan aktif anak-anak.

Seorang peserta Kelas Nutrisi, Linawati mengatakan, ia mendapatkan wawasan baru mengenai pentingnya keseimbangan asupan nutrisi anak. Selain itu banyak variasi menu yang dibagikan sehingga semakin bersemangat berkreasi membuat makanan bergizi dan disukai.

Sports Marketing Nestlé MILO, Donny Wahyudi menambahkan, pihaknya berharap seluruh rangkaian kegiatan MILO Football Championship dapat memberikan manfaat. Bukan hanya untuk anak-anak namun juga untuk orang tua agar dapat mengadopsi pola hidup sehat dan aktif.

“Saya percaya bahwa olahraga merupakan guru terbaik yang dapat mengajarkan nilai-nilai pantang menyerah, percaya diri, sportivitas dan kerja sama tim,” tegasnya.

Setelah di Medan, kata dia, adik-adik di Surabaya akan siap bertanding dan menunjukkan permainan terbaiknya untuk meraih juara.(nty)