Krusial

Paris | Jurnal Asia

PSG akan menjamu Liverpool di Parc des Princes pada matchday 5 Grup C Liga Champions 2018/19, Kamis (28/11) dinihari WIB. Mengingat persaingan yang begitu ketat, duel ini pun sifatnya sangat krusial.

Napoli (6 poin), Liverpool (6 poin), PSG (5 poin) dan Red Star Belgrade (4 poin) semuanya masih punya kans untuk lolos ke babak 16 besar. Terpeleset di matchday ini sama sekali bukanlah pilihan.
PSG takkan bisa finis dua besar jika mereka kalah, dan Napoli menang menjamu Red Star di Italia. Sementara itu, Liverpool akan lolos jika menang, selama Red Star gagal menang.

Pada matchday 1, Liverpool mengalahkan PSG di Anfield dengan skor 3-2. Gol Daniel Sturridge dan penalti James Milner membawa Liverpool memimpin 2-0, tapi PSG bisa menyamakan kedudukan lewat gol-gol Thomas Meunier menit 40 dan Kylian Mbappe menit 83. Kemenangan dramatis diraih Liverpool setelah pemain pengganti Roberto Firmino membobol gawang PSG di menit 90+2.

Setelah itu, PSG menang telak 6-1 menjamu Red Star lewat hat-trick Neymar serta gol-gol Edinson Cavani, Kylian Mbappe dan Angel Di Maria. Namun PSG kemudian meraih dua hasil imbang kontra Napoli, 2-2 kandang dan 1-1 tandang.

Sementara itu, setelah mengawali langkah dengan kemenangan atas PSG, Liverpool takluk 0-1 di kandang Napoli pada matchday 2. Liverpool lantas menang 4-0 menjamu Red Star lewat gol-gol Firmino, Mohamed Salah (2) dan Sadio Mane, tapi kalah 0-2 di markas Red Star pada matchday 4.
Belum ada yang pasti lolos dari grup ini, sedangkan selisih poin antartim begitu ketat. PSG maupun Liverpool pun sama-sama mengusung target menang.

Persiapan PSG untuk laga ini sedikit terganggu dengan kebugaran dua bintangnya, yakni Mbappe dan Neymar. Namun pelatih Thomas Tuchel mengaku optimistis kalau keduanya akan fit tepat waktu dan bisa main dari menit awal.

Di kubu Liverpool, sang manajer Jurgen Klopp sedikit terkendala dengan kebugaran Joe Gomez, yang absen akibat cedera ketika menang 3-0 atas tuan rumah Watford di Premier League akhir pekan kemarin. Meski begitu, Klopp percaya kalau bek sentralnya itu bakal pulih dan bisa jadi starter di Paris nanti.

Tak hanya itu, Klopp pun dikabarkan bakal kehilangan Sadio Mane, yang Mane dikabarkan sakit dan tak akan ikut dalam rombongan yang berangkat ke Paris.

Mane dikabarkan tak ikut dalam sesi latihan Liverpool Senin waktu setempat. Padahal akhir pekan kemarin dia masih tampil bersama Liverpool saat menang 3-0 atas Watford.

Belum ada keterangan resmi dari Liverpool soal apa sakit yang diderita oleh pesepakbola asal Senegal tersebut. Media Inggris Evening Standard mengabarkan tim medis Liverpool akan melakukan pemeriksaan terakhir terhadap kondisi Mane pada Selasa ini waktu setempat.

Pemeriksaan itu akan menentukan apakah Mane akan berangkat atau tidak bersama rombongan menuju Paris.

Meskipun kehilangan Mane, Liverpool dipastikan tak akan kekurangan amunisi. Mereka masih memiliki Daniel Sturridge yang bisa bermain di posisi tersebut.

Sturridge sempat beroperasi sebagai penyerang sayap kiri ketika Liverpool masih memiliki trio 3S (Sturridge, Suarez dan Sterling). Namun di era Jurgen Klopp dia lebih sering bermain sebagai penyerang tengah.

Selain Sturrdige, Jurgen Klopp juga masih memiliki Divock Origi atau pun Xherdan Shaqiri untuk mengisi tempat yang ditinggalkan Mane.

Tak Terkalahkan

Setelah takluk di Anfield, PSG tak terkalahkan dalam 12 laga beruntun di semua kompetisi (M10 S2 K0). Wajar jika PSG merasa percaya diri.

Untuk laga ini, rekor tandang Liverpool benar-benar patut dijadikan pertimbangan. Kekalahan 0-2 di markas Red Star adalah contohnya.

Liverpool hanya menang dua kali dalam enam laga tandang terakhirnya di semua kompetisi (M2 S2 K2). Liverpool juga tanpa kemenangan dalam tiga lawatan terakhirnya ke Prancis (S2 K1).

PSG punya kans untuk membalas kekalahan dari pertemuan sebelumnya, terutama jika mereka bisa turun dengan pemain-pemain terbaiknya.
(bn-tc-adp)