Harus Tiga Poin

Milan | Jurnal Asia

AC Milan akan menjamu Dudelange di San Siro pada matchday 5 Grup F Liga Europa 2018/19, Jumat (30/11) dinihari WIB. Bagi Milan, tiga poin adalah sebuah keharusan.

Laga ini menjadi salah satu pertandingan termudah untuk AC Milan di sepanjang musim ini. Tim dari Luksemburg itupun sama sekali bukan ancaman bagi raksasa Italia tersebut. Milan tanpa kemenangan dalam tiga pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi. Tapi di Eropa, Milan berada di urutan kedua Grup F dengan tujuh poin. Meskipun mereka punya poin yang sama dengan Olympiakos di posisi ke tiga, tapi Milan punya kesempatan untuk naik ke puncak klasemen jika kemenangan atas Dudelange.

AC Milan saat ini berada di peringkat lima Serie A, setelah selesaikan 13 putaran. Dengan kekalahan 0-2 dari Juventus dan 0-1 dari Inter Milan, mereka kehilangan kepercayaan diri untuk finis di puncak klasemen.

Cuma satu poin yang memisahkan tiga tim teratas di grup ini. Hanya Dudelange yang belum mendapatkan poin dan sudah dipastikan tersingkir. Real Betis (8), Milan (7) dan Olympiakos (7) masih sama-sama punya kans untuk lolos ke babak 32 besar.

Pada matchday 1, yang merupakan pertemuan perdana mereka, Milan mengalahkan Dudelange 1-0 di Luksemburg lewat gol tunggal Gonzalo Higuain. Milan kemudian menang 3-1 menjamu Olympiakos pada matchday 2 melalui dua gol Patrick Cutrone dan satu gol Higuain.

Namun Milan mengalami antiklimaks pada matchday 3. Mereka dikalahkan Betis di San Siro dengan skor 1-2. Saat ganti bertandang ke Benito Villamarin pada matchday 4, gol balasan Suso membawa Rossoneri mengamankan satu angka. Dudelange menelan empat kekalahan dalam empat empat pertandingan. Tim debutan ini pun sudah kebobolan 11 dan baru mencetak satu gol ke gawang lawan. Satu gol tersebut diciptakan oleh Daniel Sinani ketika mereka hancur 1-5 di kandang Olympiakos pada matchday 4.

Dudelange sudah pasti tersingkir, sedangkan Betis, Milan dan Olympiakos akan bersaing memperebutkan dua posisi teratas untuk bisa melenggang ke putaran berikutnya. Namun dari ketiga tim itu, hanya Betis yang bisa memastikan kelolosan di matchday 5.

Betis akan lolos jika menang menjamu Olympiakos di partai lainnya. Betis juga bisa lolos meski imbang, selama Milan gagal mengalahkan Dudelange di Italia.

Oleh karena itu, kemenangan pun menjadi target mutlak bagi Milan. Kemenangan bisa menempatkan Milan di posisi yang bagus sebelum melakoni duel di kandang Olympiakos pada matchday pemungkas.

Milan sedang diterpa badai cedera. Meski berada dalam situasi sulit, Milan hampir menang saat melawan tim kuat Lazio di Serie A akhir pekan.

Untuk laga ini, pilihan Gattuso masih cukup terbatas. Namun Gattuso bisa memainkan Higuain, yang terkena skorsing di liga.

Higuain mencetak gol tunggal penentu kemenangan tipis Milan di kandang Dudelange pada pertemuan pertama. Kali ini, Higuain bakal kembali diharapkan bisa memberi kontribusi optimal.
Kemenangan adalah target mutlak bagi Milan. Mereka pun diyakini mampu melakukannya.

Serangan Milan dipastikan lebih dari cukup kuat untuk patahkan pertahanan lawan dalam kondisi mereka saat ini. Skor besar diperkirakan akan tercipta dalam laga ini.

AC Milan jelas menjadi favorit kuat dalam laga ini. Apalagi mereka bermain di markas sendiri, yang tentunya tak ingin membuat para penggemar mereka kecewa.

Milan telah mencetak enam gol dalam empat pertandingan mereka di Liga Europa. Sedangkan tim tamu telah kebobolan 11 gol dalam jumlah pertandingan yang sama.

Walau tuan rumah tertinggal di liga domestik, mereka punya daya serang yang cukup untuk bangkit lagi. AC Milan pun dipastikan menang dengan selisih lebih dari dua gol.
(bn-gbc-adp)