Gebuk MU, Liverpool Kembali ke Puncak Klasemen

 

Pemain Liverpool merayakan gol kemenangan. inst liverpool

Klopp : “Sangat Sangat Luar Biasa”

Liverpool | Jurnal Asia
Liverpool sukses mengandaskan salah satu rival di Liga Inggris Manchester United. Bermain di Anfield, Senin (17/12) dini hari WIB, The Reds mengalahkan The Red Devils dengan skor 3-1.

Gol-gol Liverpool tercipta lewat kaki Sadio Mane di menit 24 dan sepasang gol Xherdan Shaqiri di menit 73 dan 80. Tim asuhan Jose Mourinho sempat menyamakan kedudukan di menit 33 lewat sepakan Jesse Lingard.

Tambahan tiga angka mengembalikan posisi Liverpool ke puncak klasemen Liga Primer Inggris. Sehari sebelumnya, posisi teratas sempat dikudeta oleh Manchester City. Kini Liverpool kembali ke singasana dengan nilai 45. Pasukan Jurgen Klopp unggul satu poin dari The Citizens.

Bermain di hadapan puluhan ribu pendukung The Kop, Jose Mourinho tidak memainkan gelandang juara Piala Dunia Paul Pogba. Sebelumnya Mou tidak menjelaskan alasan mencadangkan Pogba karena duduk manis di sepanjang laga.

Tuan rumah membuka keunggulan di menit ke-24. Mane yang lihai mencari posisi di kotak penalti MU membaca umpan terobosan melambung yang dilepaskan Fabinho.

Lolos dari jebakan offside, Mane melepaskan tendangan first time dari mulut gawang David De Gea. Sepakan Mane sukses menghujam gawang MU yang membuat seantero Anfield bergemuruh menyambut suka cita.

Hanya butuh sembilan menit buat MU menjawab gol Mane. Serangan yang dilancarkan pasukan Mou sukses meloloskan Romelu Lukaku mengarak bola sampai ke kotak penalti.

Lukaku melepaskan tendangan kaki kiri ke arah gawang. Sepakan pemain Belgia itu sukses diadang kiper The Reds Alisson Becker. Akan tetapi Alisson gagal mengontrol bola dengan lututnya sehingga bola kembali lepas.

Lingard yang tak jauh dari Alisson langsung meyampu bola ke gawang. Skor 1-1 membuat permainan MU meningkat. Tapi sampai babak pertama usai, skor 1-1 tetap belum berubah.

Sampai menit 70, Klopp merasa lini depan timnya mulai mudah ditebak taktik pasukan Mou. Pelatih asal Jerman itu kemudian menarik Fabinho dari posisi gelandang serang dan memasukkan Shaqiri.

Pergantian arsitek yang pernah melatih Borussia Dortmund itu ternyata brilian. Shaqiri menjadi pahlawan kemenangan buat The Reds. Gol pertama mantan pemain Inter Milan itu di laga ini tercipta di menit 73.

Shaqiri mendapatkan umpan silang dari Mane yang sebelumnya menusuk di sisi kanan kotak penalti MU. Shaqiri melepaskan tendangan keras kaki kanan yang membuat bola meluncur deras ke pojok kiri gawang De Gea.

Tujuh menit berselang, Shaqiri kembali membuat Anfield begitu meriah. Skema gol ketiga Liverpool ini melibatkan empat pemain depan The Reds. Berawal dari aksi solo run Mane dari lini kedua.

kemudian ia melepaskan umpan ke Roberto Firmino di kotak penalti. Firmino memberikan umpan jarak dekat kepada Mohamed Salah. Salah kemudian melepaskan umpan tumit kepada Shaqiri yang mengakhirinya dengan sepakan kaki kanan yang kembalui menghujam gawang De Gea.

Gol tersebut jadi penutup pesta Liverpool pada pekan ke 17 ini. Sekaligus mengembalikan posisi Si Merah ke puncak klasemen.

Moment saat Sadio Mane mencetak gol ke jala David De Gea. Inst liverpool

Tampil Luar Biasa

Liverpool di pertandingan itu mendapatkan lebih banyak peluang untuk mencetak gol dibandingkan Man United. Tercatat, Liverpool bisa membuat 10 tendangan ke gawang sedangkan Man United hanya bisa mengancam gawang Liverpool sebanyak dua kali saja. Dari statistik tersebut amat terlihat betapa berbahayanya permainan Liverpool ketika melawan Man United.

Dengan kemenangan atas Man United itu, maka Liverpool pun berhasil menempati puncak klasemen sementara Liga Inggris musim ini dengan koleksi 45 poin. Tim asuhan Klopp itu unggul satu poin Manchester City yang ada di posisi kedua.

“Sangat! Sangat sangat sangat (Bagus). Awal yang brilian ini adalah salah satu penampilan terbaik kami sejak saya di Liverpool, jujur, tidak hanya musim ini. Setengah jam pertama adalah luar biasa, luar biasa,” ungkap Klopp, yang dilansir laman resmi Liverpool.

“Kami hanya mencetak satu gol tetapi saya rasa tidak ada yang mengharapkan mencetak tiga, empat, lima kali, atau apa pun. Cara kami bermain sangat sempurna, sungguh,” sambungnya. (wo/republika/okezone)