Diikuti 320 Member, GCCI Adakan Jambore Nasional 3 di Medan

 

Ketua Umum DPP GCC, Bastian Kurnia (kiri).Netty

Medan | Jurnal Asia
Ratusan pecinta mobil tua yang tergabung dalam Great Corolla Club Indonesia (GCCI) dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul di Medan, Sabtu (3/8). Di ajang Jambore Nasional 3 GCCI tersebut dipamerkan berbagai koleksi mobil Great Corolla dari tahun produksi 1992 sampai 1996 dari 320 member.

Ketua Panita sekaligus Wakil Ketua Umum GCCI, Ariwae mengatakan, kegiatan Jambore Nasional 3 ini sebagai ajang berkumpul dan bersilahturahmi antara anggota club. Ini merupakan kegiatan rutin tahunan.

“Ada sekitar 20 chapter (cabang) yang hadir di kegiatan ini mulai dari Provinsi Aceh hingga Jawa Timur. Kegiatan ini berlangsung hingga nanti malam, ada Corolla festival, festival kuliner dan banyak lainnya,” katanya.

Ia melanjutkan, Medan merupakan kota ke-3 dari ajang Jambore Nasional ini yang sebelumnya dihelat di Jogjakarta dan Jakarta. Di Medan, sedikitnya 320an member yang datang dengan estimasi target awal sekitar 400 member.

Ketua Umum DPP GCC, Bastian Kurnia menambahkan, secara nasional jumlah member ada sekitar 3.300 an dengan
59 chapter. Dan di Sumut sendiri sekitar 85 member dari Medan hingga Padangsidempuan

“Dengan Jambore Nasional ini diharapkan GCCI bisa terus berkembang di Indonesia. Kegiatan ini ajang berkumpul pecinta Corolla di Indonesia,” katanya didimpingi Humas DPP GCCI, Purnama Sembiring.

Meski terkesan mobil tua, lanjutnya, namun dapat diuji kekuatan mesinnya. Dari ratusan member yang datang ke Medan kebanyakan menggunakan jalur darat.

“Yang paling jauh itu dari Solo dan sampai ke Medan itu mobilnya aman-aman saja,” tandasnya.

Sekjen DPP GCCI, Almi Rakhmad didampingi Waketum, Aan Yulian menambahkan, selama ini club motor terkesan suka hura-hura padahal sebenarnya tidak seperti itu. GCCI juga ingin memasyarakat dan pihaknya sering terjun langsung melakukan bakti sosial ke masyarakat.

“Kita ingin hilangkan kesan negatif bahwa anak mobil selalu hura-hura. Kita juga bekerjasama dengan dinas pariwisata dan pemuda dan olahraga agar kegiatan yang dilakukan juga berdampak positif terhadap lingkungan sekitar,” ucapnya.

Almi menambah, ketika dilakukan Jambore di daerah yang berbeda, ternyata tanpa disadari masih banyak Great Corolla yang dicari. Mobil tersebut unik karena diproduksi pada 1992 hingga 1996 tetapi kepemilikan ada ribuan di Indonesia.

“Bukan hanya ratusan tetapi ribuan dan kita ingin mereka bergabung sebagai member agar bisa berbagi pengalaman juga,” pungkasnya.

Dukung Pariwisata Sumut

Kepala Dinas Pariwisata Sumut, Wan Hidayati mengatakan, pemerintah mendukung kegiatan Jambore ke 3 GCCI di Medan. Di 2020 nanti, pemerintah Sumut akan mengucurkan dana sekitar Rp5 miliar untuk sport tourism (wisata olahraga)

“Kegiatan seperti ini diharapkan mendongkrak kunjungan wisatawan ke Sumut. Untuk kegiatan club mobil seperti ini mungkin akan dikucurkan dana sekitar Rp400 jutaan,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut, Baharuddin Siagian berharap ajang olahraga ini dapat mempererat persahabatan serta persatuan dan kesatuan yang tergabung di komunitas ini. Sebagai sebuah perkumpulan, club ini diharapkan memberi manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Lakukan kegiatan sosial pada setiap even dengan memberikan bantuan kepada parkir miskin dan anak yatim. Sehingga kehadiran club bisa memberikan keberkahan pada masyarakat dan bagi pengurus ataupun anggota,” tegasnya.(nty)