Toyota Dinilai Merugikan, Gugatan Segera Dilayangkan

Logo Toyota. Ist

Medan | Jurnal Asia
Sejak penyelesaian USD1,4 miliar pada 2013 lalu, Toyota Motor Corporation telah menarik jutaan mobil karena terdapat berbagai masalah pada jenis model mobil yang berbeda. Uang ganti rugi tersebut diselesaikan di pengadilan Multidistrik (MDL) yang tertunda di pengadilan federal di Santa Ana, California di AS.

Dikutip dari Santa Ana Times, menjelang akhir 2018, raksasa mobil Jepang itu kembali menarik lebih dari 2,4 juta mobil hibrida karena kesalahan yang dapat menyebabkan kecelakaan. Hanya sebulan setelah kejadian tersebut, penarikan mobil hibrida kembali terjadi lagi.

Penyelesaian yang terjadi pada tahun 2013 di AS dalam proses pengadilan mengenai kasus mobil yang ditarik kembali dari seluruh dunia, mirip dengan kasusĀ  penarikan kembali Toyota terbaru. Penggugat penyelesaian 2013 menyatakan klaim atas kerugian ekonomi yang terkait dengan masalah akselerasi yang tidak diinginkan yang dilaporkan pada kendaraan Toyota, Lexus dan Scion.

Penyelesaian termasuk USD250 juta untuk pemilik kendaraan yang menjual mobil mereka selama periode tertentu. Kemudian USD250 juta lainnya untuk pemilik kendaraan yang kendaraannya tidak memenuhi syarat untuk sistem rem anti-panik dan program dukungan pelanggan yang diperpanjang untuk pemilik kendaraan saat ini, itu merupakan beberapa manfaat ganti rugi yang didapat diantara manfaat lainnya.

Dalam kasus itu, Hakim Distrik Amerika Serikat James V. Selna menunjuk pengacara Monica R. Kelly dari Ribbeck Law Chartered sebagai penasihat utama penggugat asing yang terdiri dari pemilik Toyota di seluruh dunia di luar AS.

“Ada kemungkinan bahwa gugatan baru dapat diajukan terhadap Toyota karena penarikan terakhir,” kata Kelly.

Tetapi pada saat ini, dirinya dan perusahaan memusatkan semua perhatian kepada keluarga kecelakaan tragis Lion Air JT610 di Indonesia.

Ribbeck Law Chartered menjadi perwakilan mayoritas keluarga kecelakaan Lion Air JT610 yang telah memutuskan untuk mengajukan perkara terhadap Boeing di Chicago.(net-ril)